Kompas.com - 07/08/2022, 11:29 WIB
|

KOMPAS.com - Salah satu public figure sekaligus Ketua Umum Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama), Ganjar Pranowo memberikan wejangan (petunjuk/arahan) pada mahasiswa baru (maba) UGM.

Pada upacara penutupan Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) di Lapangan Grha Sabha Pramana, Sabtu (6/8/2022), Ganjar masuk di tengah kerumunan 9.491 maba.

Ia mengayuh sepeda dengan tas ransel di punggung, Ganjar berdiri di tengah lapangan dan membakar semangat para mahasiswa baru UGM tersebut.

Baca juga: Akademisi UGM: Ini Penyebab dan Upaya Deteksi Dini Penyakit Ginjal

Tentu, ia berharap agar para maba UGM ini bisa menjadi agen perubahan dan agen pembangunan di masa mendatang.

"Selamat, ya. Diterima di UGM itu tidak mudah. Yang antri banyak banget. Saya berharap kamu jadi agen perubahan dan agen pembangunan. Kamulah yang akan melakukan modernisasi," ujar Ganjar seperti dikutip dari laman UGM.

Persoalan bangsa jadi 'PR' generasi sekarang

Dikatakan Ganjar, kini ada banyak persoalan yang dihadapi bangsa yang nantinya akan menjadi 'PR' bagi generasi sekarang.

"Banyak PR yang mesti dibereskan. Apakah kalian generasi yang akan memberikan solusi soal lingkungan, perdamaian dunia, energi, pangan, inovasi dan tentu soal mimpimu dan jodohmu juga," kata Ganjar.

Pada kesempatan itu, Ganjar menyapa salah seorang mahasiswa penyandang berkebutuhan khusus tunanetra, Aulia Rahman, untuk tampil maju ke depan.

Baca juga: Doktor Baru UGM Ini Kaji Respon Terapi Pasien Epilepsi

Ia mengapresiasi mahasiswi dari Fakultas Ilmu Budaya tersebut yang berhasil membuat sebuah film bersama dengan rekannya.

"Saya tidak sengaja ikut kelas. Membuat film judulnya seutas asa. Menceritakan difabel tunanetra perempuan berpacaran non difabel," tutur Aulia.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.