Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Isi Wejangan Ganjar Pranowo pada Maba UGM 2022

Kompas.com - 07/08/2022, 11:29 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu public figure sekaligus Ketua Umum Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama), Ganjar Pranowo memberikan wejangan (petunjuk/arahan) pada mahasiswa baru (maba) UGM.

Pada upacara penutupan Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) di Lapangan Grha Sabha Pramana, Sabtu (6/8/2022), Ganjar masuk di tengah kerumunan 9.491 maba.

Ia mengayuh sepeda dengan tas ransel di punggung, Ganjar berdiri di tengah lapangan dan membakar semangat para mahasiswa baru UGM tersebut.

Baca juga: Akademisi UGM: Ini Penyebab dan Upaya Deteksi Dini Penyakit Ginjal

Tentu, ia berharap agar para maba UGM ini bisa menjadi agen perubahan dan agen pembangunan di masa mendatang.

"Selamat, ya. Diterima di UGM itu tidak mudah. Yang antri banyak banget. Saya berharap kamu jadi agen perubahan dan agen pembangunan. Kamulah yang akan melakukan modernisasi," ujar Ganjar seperti dikutip dari laman UGM.

Persoalan bangsa jadi 'PR' generasi sekarang

Dikatakan Ganjar, kini ada banyak persoalan yang dihadapi bangsa yang nantinya akan menjadi 'PR' bagi generasi sekarang.

"Banyak PR yang mesti dibereskan. Apakah kalian generasi yang akan memberikan solusi soal lingkungan, perdamaian dunia, energi, pangan, inovasi dan tentu soal mimpimu dan jodohmu juga," kata Ganjar.

Pada kesempatan itu, Ganjar menyapa salah seorang mahasiswa penyandang berkebutuhan khusus tunanetra, Aulia Rahman, untuk tampil maju ke depan.

Baca juga: Doktor Baru UGM Ini Kaji Respon Terapi Pasien Epilepsi

Ia mengapresiasi mahasiswi dari Fakultas Ilmu Budaya tersebut yang berhasil membuat sebuah film bersama dengan rekannya.

"Saya tidak sengaja ikut kelas. Membuat film judulnya seutas asa. Menceritakan difabel tunanetra perempuan berpacaran non difabel," tutur Aulia.

Tak hanya Aulia, Gubernur Jateng tersebut juga memanggil mahasiswa yang ditinggal oleh kedua orang tuanya karena sudah meninggal dunia.

Ganjar pun memberi semangat kepada mereka untuk mengejar impiannya dengan kuliah di UGM. "Kamu sekolah di UGM hari ini sudah benar," kata Ganjar.

Untuk itulah Ganjar Pranowo tak ingin para mahasiswa bermalas-malasan atau terlalu banyak mengeluh. Menurutnya, saat jadi mahasiswa banyak ikut kegiatan organisasi intra dan ekstrakurikuler yang meningkatkan kompetensi softskill mahasiswa.

"Sekarang UGM menyiapkan konversi agar kamu yang beraktivitas bisa dapat nilai (SKS)," paparnya.

Baca juga: Ini 5 Tips Saat Hari Pertama Kerja dari Alumni UGM

Agar bermanfaat bagi Indonesia

Sementara Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian kepada Masyarakat dan Alumni UGM, Dr. Arie Sujito, mengatakan bahwa PPSMB UGM tahun ini mengangkat tema Bakti Gadjah Mada Pilar Intelektual Nusantara untuk memantik semangat mahasiswa agar mampu menjadi insan intelektual yang berlandaskan sikap analitik, reflektif, dan solutif.

"Harapannya dengan adanya PPSMB ini, Gamada (Gadjah Mada Muda) dapat mengimplementasikan hal tersebut untuk memberikan manfaat bagi Indonesia, baik saat masih menjadi mahasiswa atau setelah menjadi alumni di UGM," terangnya.

Usai mengikuti kegiatan PPSMB sejak 1 Agustus lalu, selanjutnya diadakan kegiatan rencana aksi mahasiswa di tengah masyarakat pada 8 hingga 13 Agustus mendatang.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberi ruang berkreasi, mewujudkan ide nyata dan bermanfaat bagi masyarakat sebagai wujud implementasi nilai-nilai ke-UGM-an.

Baca juga: Mahasiswa UPN Jogja Inovasi Penghemat Air untuk Rumah Tangga

"Pada tahun ini, action plan merupakan bentuk komitmen UGM dalam mewujudkan tujuan Sustainable Development Goals atau SDGs," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com