Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip 5 Alasan Memilih Kuliah di Surabaya

Kompas.com - 18/07/2022, 16:19 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini perguruan tinggi sudah tersebar di sejumlah kota besar di Indonesia. Bagi calon mahasiswa yang memilih melanjutkan pendidikan di luar kota, pasti banyak pertimbangan untuk menentukan pilihan kampusnya.

Selain karena mengincar perguruan tinggi tertentu, alasan lainnya yakni tentu sarana, prasarana dan aksesbilitas di kota dimana kampus itu berada.

Salah satu kota besar di Indonesia yang punya banyak kampus negeri maupun swasta adalah Surabaya.

Ada beberapa alasan lho, kenapa memilih Surabaya sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Baca juga: Pengumuman SMMPTN Barat 2022 Sore Nanti, Ini Link Mirror-nya

Melansir dari laman Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya), Senin (18/7/2022), berikut 5 alasan memilih Surabaya untuk kuliah.

1. Letak strategis dan akses pendidikan tinggi yang kredibel

Surabaya memiliki letak geografis yang tepat sehingga layak menjadi tujuan para calon mahasiswa dari seluruh wilayah di Indonesia.

Tak hanya calon mahasiswa dari sejumlah kota di provinsi Jawa Timur saja, tapi mahasiswa dari berbagai kota di Indonesia juga banyak yang memilih kuliah di Surabaya.

Surabaya merupakan pusat kota tujuan para pendatang lokal atau keturunan. Tak heran kota ini memiliki penduduk multietnis seperti Tionghoa, India, Arab dan lainnya.

Baca juga: Unpad Mulai PTM Terbatas Oktober Mendatang, Ini Syarat Utamanya

2. Fasilitas publik memadai

Kuliah di Kota Surabaya bisa membuat kamu lebih nyaman dengan fasilitas publik yang memadai. Sarana transportasi lengkap mulai bus kota, bus antarkota, taksi, kereta, pesawat, dan lain-lain.

Jika kamu tidak membawa kendaraan pribadi, tidak akan bingung karena Surabaya memiliki fasilitas transportasi yang lengkap.

3. Wisata kuliner yang enak dan murah

Bagi mahasiswa yang merantau, biaya hidup selama berkuliah di suatu kota juga jadi pertimbangan. Bagi kamu yang memilih kuliah di Surabaya, jangan khawatir karena biaya makan di Surabaya relatif ramah di kantong mahasiswa.

Baca juga: Unpad Buka Pendaftaran SMUP IUP Gelombang III, Cek Syaratnya

Banyak kuliner Surabaya yang bisa dicoba mulai dari rujak cingur khas Surabaya, soto balap, sate klopo, tahu campur, dan masih banyak referensi kuliner enak lainnya. Mahasiswa bisa mencari tempat makan kaki lima dengan harga yang cukup terjangkau. 

4. Kota seribu taman

Selain mengenyam pendidikan, mahasiswa juga bisa rehat sejenak dengan rutinitas kuliahnya. Surabaya memiliki ruang terbuka hijau yang cukup banyak. Bahkan saat ini memiliki sekitar 1.900 taman.

Baca juga: Beasiswa S2 di Denmark, Ada Biaya Kuliah dan Tunjangan Bulanan

Sebagai mahasiswa di Kota Surabaya kamu bisa memanfaatkan taman ini untuk bersantai dan mengerjakan tugas, karena disana terdapat jaringan internet dengan Wi-Fi gratis.

Taman di Surabaya juga dilengkapi dengan fasilitas olahraga. Hal itu membuat warga bisa menikmati pemandangan taman yang indah sambil berolahraga.

5. Tempat hiburan lengkap dan destinasi wisata

Sebagai kota besar kedua di Indonesia, Surabaya memiliki aneka tempat hiburan lengkap. Jika kamu punya waktu luang di tengah kesibukan kuliah, ada deretan kafe menarik di Surabaya.

Baca juga: Capaian Vaksin Covid-19 Turut Sukseskan PTM 100 Persen

Itulah 5 alasan memilih kuliah di Surabaya yang perlu diketahui para calon mahasiswa. Informasi ini bisa menjadi referensi buat calon mahasiswa yang masih galau hendak melanjutkan pendidikan di kampus mana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com