Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warek II UNJ Dikukuhkan Menjadi Guru Besar

Kompas.com - 18/07/2022, 14:57 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Dosen Fakultas Teknik (FT) yang juga menjabat Wakil Rektor II Universitas Negeri Jakarta, Prof. Agus Dudung dikukuhkan menjadi Guru Besar tetap Universitas Negeri Jakarta.

Seremoni pengukuhan guru besar dilakukan pada Senin, 18 Juli 2022, secara hibrid bertempat di Kampus A Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan disiarkan melalui kanal YouTube Edura TV UNJ.

Prof. Agus Dudung dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Evaluasi Pembelajaran Kejuruan.

Dalam sambutan, Rektor UNJ Prof. Komarudin memberikan apresiasi kepada Prof. Agus Dudung atas kontribusi keilmuan dan pencapaian jabatan akademik tertinggi dalam dunia pendidikan.

"Semoga semakin menginspirasi dan menghasilkan karya-karya akademik terbaik yang dapat membawa kemaslahatan bagi UNJ, masyarakat, bangsa dan negara, serta kemanusiaan," ungkap Prof. Agus Dudung.

“Semoga pengukuhan Prof. Agus Dudung hari ini mampu menginspirasi para dosen lainnya, khususnya para dosen Fakultas Teknik untuk segera menjadi guru besar, membangun budaya akademik yang tinggi, dan memacu publikasi ilmiah untuk mendukung peningkatan prestasi dan reputasi UNJ,” tambah Prof. Komarudin.

Dalam kesempatan sama, Prof. Hafidz Abbas, Ketua Senat UNJ mengatakan, “dengan dukungan lingkungan akademik yang kondusif dari kepemimpinan Pak Rektor sekarang ini sudah terdapat 73 guru besar dan dalam proses 18 yang akan turun."

"Mungkin kita kedepan bisa memiliki 100 bahkan lebih guru besar yang ada di UNJ,” tutup Prof. Hafidz dalam pidatonya.

Baca juga: Guru Besar Unpad Ingatkan Kesehatan Mata di Atas 40 Tahun

Orasi ilmiah guru besar FT UNJ

Pada orasi ilmiahnya, Prof. Agus Dudung mengangkat judul “Prestasi Lulusan Mahasiswa: Perspektif Peran Three–E (E-Readiness, E-Learning dan E-Book)”.

Menurutnya tema ini dilandasi oleh pentingnya pendidikan dalam perkembangan teknologi informasi secara berkelanjutan.

"Three-E" merupakan pembelajaran elektronik yang memanfaatkan paket informasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja.

Selanjutnya, Prof. Agus Dudung menjelaskan, penggunaan teknologi informasi Three-E sebagai media pembelajaran bertujuan untuk menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien.

Dalam penerapannya Three-E dapat mempermudah proses pembelajaran, membentuk kebiasaan positif, melahirkan inovasi, kreativitas, dan kemandirian.

Baca juga: Universitas Negeri Jakarta Kukuhkan Dua Guru Besar untuk FMIPA dan FIP

 

"Hasil pengukuran menunjukkan bahwa Three-E (E-Readinees, E-Learning, E-Book) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi lulusan," ujar Prof. Agus memberikan kesimpulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com