Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UPN Veteran Jakarta Terima 1.202 Mahasiswa dari Seleksi Mandiri S1

Kompas.com - 12/07/2022, 20:09 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Wakil Rektor Bidang Akademik UPN Veteran Jakarta, Dr. Anter Venus mengatakan, 1.202 mahasiswa baru dinyatakan diterima melalui Seleksi Mandiri S1 di UPN Veteran Jakarta setelah melalui proses seleksi yang ketat.

“Seleksi Mandiri S1 merupakan peluang terakhir bagi calon mahasiswa untuk dapat berkuliah di program S1 UPNVJ. Sebelumnya, sudah ada calon mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN," ucap dia melansir laman UPN Veteran Jakarta, Selasa (12/7/2022).

Baca juga: Ada Residu Pestisida di Mi Instan? Begini Penjelasan Ahli Gizi Unair

Venus yang merupakan Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UPN Veteran Jakarta menjelaskan, Seleksi Mandiri S1 UPN Veteran Jakarta menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN sebagai tolok ukur.

Selain nilai UTBK, pendaftar jalur prestasi juga bisa mendapat tambahan nilai dari prestasi, antara lain:

  • Prestasi bidang olimpiade sains, olahraga, dan seni peringkat pertama hingga ketiga baik di tingkat provinsi, nasional, dan internasional dalam 3 tahun terakhir.
  • Ketua OSIS yang menjabat paling kurang satu periode.
  • Hafiz Al-Quran dan YouTube Content Creator.

Venus mengatakan calon mahasiswa yang tidak lolos masih memiliki peluang untuk mendaftar melalui Seleksi Mandiri S1 Gelombang II yang akan diumumkan pada Selasa (12/7/22) melalui Instagram dan website UPN Veteran Jakarta.

Selain itu, terdapat Seleksi Mandiri D3 Gelombang II yang masih dibuka hingga 24 Juli 2022.

Baca juga: Cerita Perjuangan Anak Petani Asal Yogyakarta Bisa Kuliah di UGM

Terdapat 5 program studi (Prodi) D3 yang tersedia di UPNVJ, yaitu:

  • D3 Perbankan dan Keuangan.
  • D3 Akuntansi.
  • D3 Sistem Informasi.
  • D3 Keperawatan.
  • D3 Fisioterapi.

"Berbeda dengan Seleksi Mandiri S1 yang menggunakan nilai UTBK SBMPTN, calon mahasiswa yang mendaftar Seleksi Mandiri D-3 akan diuji kembali menggunakan computer based test (CBT)," tutur dia.

Dia mengaku, Seleksi Mandiri S1 UPN Veteran Jakarta diikuti oleh 21.798 calon mahasiswa.

Program studi (Prodi) rumpun Saintek yang paling diminati adalah Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Sistem Informasi.

Sedangkan prodi rumpun Soshum yang paling diminati adalah Ilmu Komunikasi, Manajemen, dan Hukum.

"Peminat Prodi Kedokteran mencapai 2.006 orang dan yang diterima 70 orang, sedangkan peminat Prodi Ilmu Komunikasi mencapai 2.216 orang dan yang diterima 103 orang," jelas dia.

Venus mengatakan perbandingan jumlah pendaftar dengan calon mahasiswa yang diterima sangat tinggi, menunjukkan persaingan calon mahasiswa untuk diterima di UPN Veteran Jakarta sangat ketat.

Di sisi lain, hal itu juga menunjukan animo calon mahasiswa untuk berkuliah di UPN Veteran Jakarta yang sangat tinggi.

Baca juga: Sering Minum Kopi? Ini 5 Dampaknya Kata Pakar Kesehatan UM Surabaya

"Melihat animo calon mahasiswa untuk berkuliah di UPN Veteran Jakarta dan kualitas input yang tinggi, kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com