Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Otodidak, Mahasiswa Unila Juara Lomba Poster Tingkat Internasional

Kompas.com - 09/07/2022, 12:34 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menekuni hobi tertentu banyak dilakukan generasi muda. Namun ada pula yang berawal dari hobi justru bisa meraih berbagai prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Seperti hobi mahasiswa Universitas Lampung (Unila) Arif Febriansyah yang sudah sejak lama senang membuat desain.

Meski hobinya ini melenceng jauh dari jurusan kuliah yang dipilihnya yaitu di Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unila, tak menyurutkan semangat Arif untuk mengikuti berbagai kompetisi.

Baca juga: Jeli Pilih Jurusan, Peserta KIP-K Ini Lolos di UGM lewat SNMPTN 2022

Belajar otodidak lewat YouTube

Dia bahkan berhasil meraih beberapa juara nasional dan internasional. Diantaranya 3rd Winner International Design Poster Competition Plant for Society University of Agriculture Multan, juara 2 Lomba Desain Poster Dies Natalis ke-40 Universitas Bengkulu dan juara 1 lomba desain poster nasional Indonesia kreatif berkarya.

"Prestasi ini melengkapi deretan prestasi saya di bidang desain poster genap menjadi 20 baik nasional maupun internasional," ujar Arief kepada Kompas.com baru-baru ini.

Dia mengaku, tertarik dengan desain poster sejak duduk di bangku sekolah.

Awalnya dia melihat temannya bisa mendesain poster menggunakan komputer. Dari situ muncul niat ingin seperti temannya dan mulai belajar dasar-dasar program Photoshop.

"Selain belajar ke teman saya juga belajar otodidak dengan mempelajarinya dari YouTube," ungkap Arif.

Arif menyampaikan, termotivasi belajar desain karena melihat orang lain bisa melakukan sesuatu sehingga memicu semangatnya untuk bisa melakukan hal yang sama.

Baca juga: 5 Profesi yang Bisa Dilakukan di Rumah, Mahasiswa Pilih Mana?

Sempat alami kendala

Bahkan untuk menguji kemampuan yang dimilikinya, Arif juga berinisiatif mengikuti kompetisi dan perlombaan.

"Saya senang dengan desain poster karena seru dan menyenangkan menjalaninya di sela-sela kuliah. Daripada main gim lebih baik mencari lomba poster untuk menambah pengalaman dan prestasi," imbuh Arif.

Arif pertama kali mengikuti lomba desain poster di kampus waktu masih menjadi mahasiswa baru. Namun Arif sempat terkendala laptop yang kurang mendukung software Photoshop dan harus membuat gambar sendiri.

Meski mengalami kendala, Arif berhasil membuktikan kemampuan dirinya dengan mendapatkan juara 3.

"Saya senang mengikuti berbagai kompetisi sejak saya masih SMP. Saya senang ikut lomba karena menyukai tantangan dan hal baru untuk mendapatkan pengalaman baru," beber dia.

Menurutnya, saat sedang mendesain sebuah poster, harus memiliki konsep terlebih dahulu. Karena poster bisa berbicara sendiri tanpa ada yang menjelaskan. Selain itu menyatukan beberapa gambar menjadi sebuah poster utuh itu menjadi tantangan yang menarik baginya.

Baca juga: Yuk Intip 5 Alasan Banyak Fresh Graduate Pilih Bekerja di Startup

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com