Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

32.736 Calon Mahasiswa Ikuti Ujian SMUP Unpad S1 Jalur Mandiri

Kompas.com - 07/07/2022, 18:18 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran (Unpad) mengadakan ujian Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) jalur mandiri untuk program S1 pada Kamis dan Jumat (7-8/7/2022).

SMUP jalur mandiri jenjang sarjana tahun 2022 ini diikuti oleh 32.736 peserta. Dalam pelaksanaannya, ujian dibagi ke dalam dua sesi dalam satu hari. Setiap satu sesi diikuti oleh sekira 8.000 peserta.

Kepala Kantor SMUP Ir. Anas menjelaskan, berdasarkan pemantauan pelaksanaan ujian SMUP sesi pertama, masih ada peserta yang belum melakukan instalasi aplikasi.

Selain itu juga ada peserta yang belum mendapatkan informasi mengenai ruangan virtual dari ujian yang bersangkutan.

Baca juga: Kimia Farma Apotek Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan D3, Yuk Daftar

Masih ada peserta yang belum tahu aturan ujian

Untuk itu, peserta wajib melihat kembali berbagai peraturan dan ketentuan ujian di laman SMUP.

"Seluruh informasi sudah ditaruh di website, di situ peserta juga bisa melihat jadwal, kami cantumkan juga link zoom-nya, pedoman instalasi, serta ada nomor helpdesk yang siap membantu," terang Anas seperti dikutip dari laman Unpad, Kamis (7/7/2022).

Anas mengungkapkan, panita memberikan toleransi bagi peserta yang belum menginstal untuk melakukan instalasi aplikasi sampai 30 menit setelah ujian dimulai.

Selain itu, peserta juga dapat menghubungi tim helpdesk apabila memiliki kendala teknis selama ujian berlangsung.

"Kita kasih toleransi hingga 30 menit. Peserta masih bisa mengikuti ujian yang berlangsung dan tidak ada perpanjangan waktu," imbuh dia.

Baca juga: Orangtua, Ini Lho 4 Manfaat Bermain Musik bagi Anak

Diikuti 2 peserta difabel

Dia menambahkan, pada pelaksanaan ujian SMUP kali diikuti dua orang peserta difabel. Bagi peserta difabel, pelaksanaan ujian dilakukan secara luring dari kampus Unpad, Jatinangor.

Panitia telah menyiapkan tempat dan tim khusus yang siap membantu apabila peserta memerlukan bantuan selama mengikuti ujian.

Anas mengingatkan peserta untuk mematuhi seluruh tata tertib ujian. Peserta yang terindikasi melakukan kecurangan atau tidak mematuhi tata tertib akan diberikan teguran oleh pengawas.

Maksimal teguran yang diberikan sebanyak tiga kali. Peserta akan diblokir apabila masih melakukan kecurangan atau tidak patuh setelah mendapatkan tiga kali teguran.

"Terpaksa kami gugurkan sesuai tata tertib yang ada," tegas Anas.

Anas mengingatkan peserta di sesi selanjutnya untuk mematuhi tata tertib ujian SMUP jalur mandiri.

Selain itu, peserta harus sudah mengetahui jadwal dan lokasi ruangan Zoom sebelum melaksanakan ujian. Selain itu peserta juga wajib menyiapkan perangkat dan aplikasi dengan baik.

"Sehingga peserta bisa fokus ke pengerjaan soal, tidak ada kendala teknis yang dihadapi," imbuh Anas.

Baca juga: Yuk Intip 5 Alasan Banyak Fresh Graduate Pilih Bekerja di Startup

Bagi peserta yang akan mengikuti ujian sesi berikutnya, petunjuk teknis mengenai pelaksanaan SMUP sarjana jalur mandiri dapat dilihat di laman https://smup.unpad.ac.id/sarjana-jalur-mandiri/.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com