Kompas.com - 07/07/2022, 15:12 WIB

KOMPAS.com - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) tengah mengakselerasi jumlah guru besar dengan menambah dua guru besar untuk Fakultas Ilmu Sosial (FIS). Sebelumnya, tiga guru besar telah dikukuhkan untuk Fakultas Ekonomi dan tiga lagi untuk Fakultas Ilmu Pendidikan.

Dua guru besar yang dikukuhkan untuk FIS UNJ adalah:

  • Prof. Muhammad Zid, M.Si (Guru Besar Ilmu Sosiologi Pedesaan)
  • Prof. Tjipto Sumadi (Guru Besar Ilmu Pendidikan Nilai Anak Usia Dini)

Seremoni pengukuhan guru besar dilaksanakan secara hibrid di Kampus A Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada Kamis, 7 Juli 2022.

“Keluarga besar senat UNJ ikut berbangga dan bahagia atas pengukuhan guru besar dari FIS. Beliau berdua telah ditetapkan sebagai guru besar," ujar Prof. Ahman Sya, Sekretaris Senat UNJ dalam sambutan.

Prof. Ahman Sya menjelaskan, tradisi pengukuhan profesor di perguruan tinggi tidak hanya menjadi seremonial akademik belaka, namun memiliki makna mendalam.

"Ini adalah representasi rasa syukur, kebanggaan, kehormatan, promosi, sosialisasi gagasan dan pemikiran, serta motivasi bagi warga kampus untuk sampai pada posisi guru besar," jelasnya.

Ia juga berharap, para profesor di UNJ dapat terus berinovasi, melahirkan sesuatu yang bermakna dan bermanfaat. "Dengan demikian UNJ akan menjadi kebanggaan kita semua, kebanggaan Indonesia,” tegas Prof. Ahmad Sya.

Dalam kesempatan sama, Rektor UNJ Prof. Komarudin menyampaikan, gagasan dan sumbangsih penting dari kedua guru besar Fakultas Ilmu Sosial yang akan dikukuhkan hari ini sangat penting bagi kemajuan bidang keilmuan.

Prof. Komarudin optimis dengan banyaknya Lektor Kepala yang dimiliki, UNJ optimis untuk menambah guru besar dalam jumlah yang cukup besar.

Baca juga: Unila Targetkan 100 Guru Besar hingga 2023

 

"Dengan bertambahnya jumlah guru besar, tentunya akan berdampak pada peningkatan SDM, penilaian, pemeringkatan, dan juga reputasi UNJ, baik pada level nasional maupun internasional," jelas Rektor UNJ.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.