Kompas.com - 07/07/2022, 15:48 WIB

KOMPAS.com - Kepala Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kemendikbud Ristek, Tutus Kusuma mengatakan, MSIB angkatan 3 menggandeng 128 mitra, baik dari perusahaan maupun institusi, dengan membuka sebanyak 36.203 lowongan yang bisa diikuti oleh 40.000 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

“Nantinya akan ada 3.679 mentor dalam MSIB Angkatan ke-3 ini dan juga melibatkan 12 Kementerian atau Lembaga, 9 BUMN, serta 7 yayasan,” papar Tutus dilansir dari laman UGM.

MSIB Fair berlangsung selama dua hari mulai 5-6 Juli 2022 di GSP Universitas Gadjah Mada (UGM). Menghadirkan lebih dari 25 perusahaan mitra dari berbagai sektor antara lain perusahaan teknologi, startup, BUMN hingga Kementerian.

Baca juga: Ingin Magang di BUMN? Ini Link Pendaftaran Magang Bersertifikat 2022

Kegiatan MSIB dapat diikuti oleh mahasiswa program sarjana minimal semester lima serta mahasiswa vokasi yang minimal berada di semester 3 untuk program D2, semester empat untuk program D3, dan semester lima untuk program D4.

Tutus menyebutkan, mahasiswa nantinya dapat memilih program mana yang akan diikuti. Dalam program magang sebagian besar dilaksanakan secara luring dan didorong menerima mahasiswa lokal.

Sementara studi independen dirancang bisa diikuti oleh seluruh mahasiswa dengan prioritas pada skill teknologi digital.

“Tantangan saat ini, program MSIB dua angkatan trennya memang naik, tapi hanya berpusat di Pulau Jawa. Harapannya nanti bisa mengakomodasi mahasiswa di daerah Indonesia Timur dan Indonesia Utara,” ucapnya.

Plt. Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Kiki Yuliati menyampaikan, MSIB merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan Kemendikbudristek.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 1 Tahun Lulusan SMA-SMK dan D1-S1, Segera Daftar

Program ini bertujuan memberikan pengalaman belajar di luar kampus bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengetahuan, pengalaman, dan memperkuat kompetensi yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

“MSIB memungkinkan dilaksanakan lintas prodi sehingga menjadi tantangan bagi perguruan tinggi untuk bisa memberikan pengakuan kredit bagi mahasiswa yang mengikuti program tersebut,” tuturnya.

Ketua Pelaksana Pusat Kampus Merdeka, Supriyadi, menyampaikan program MSIB Fair diselenggarakan untuk mempererat hubungan antara UGM sebagai pelaksana kampus merdeka pada para mitra.

Selain itu, kata dia, juga sebagai ajang untuk menyosialisasikan program kepada mahasiswa.

“Dengan pelaksanaan MSIB Fair ini diharapkan nantinya para pimpinan perguruan tinggi dan mahasiswa dapat bertemu langsung dengan para mitra usaha sehingga bisa tune in memahami pentingnya program ini. Kami yakin kegiatan ini bisa memberikan manfaat yang luar biasa bagi perkembangan mahasiswa menjadi calon SDM bertalenta dan unggul di masa datang,” ucapnya.

Baca juga: Uang Saku Di Atas Rp 10 Juta Per Bulan, Daftar 10 Beasiswa S1-S2 Ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.