Kompas.com - 07/07/2022, 15:12 WIB

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) menyatakan komitmen sebagai universitas kerakyatan dengan cara memperhatikan mahasiswa yang berasal dari keluarga yang berekonomi lemah, namun memiliki potensi dan prestasi tinggi.

Hal tersebut disampaikan Wakil Rektor bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan UGM, Djagal Wiseso Marseno melalui laman resmi UGM.

Djagal menyebutkan, sekitar 74 persen mahasiswa UGM saat ini berasal dari keluarga dengan kondisi ekonomi kelas menengah ke bawah. Bahkan sekitar 30 persen berasal dari keluarga miskin.

“Karena itu UGM selalu mengajak para pihak dan mitra untuk berkontribusi menjadi pemberi beasiswa,” paparnya.

Baca juga: Apakah Minum Suplemen Dapat Merusak Ginjal? Ini Penjelasan Dokter UGM

Guna menguatkan jati diri UGM sebagai universitas nasional dan universitas kerakyatan, UGM selalu memperhatikan besar biaya kuliah.

Menurut Djagal rata-rata biaya Uang Kuliah Tungal (UKT) selama 4 tahun untuk saintek sebesar Rp 68,5 juta. Sedangkan biaya kuliah untuk Soshum Rp 56 juta.

Besaran biaya UKT ini ditetapkan oleh Pemimpin PTN masing-masing termasuk dalam hal ini Rektor di masing-masing Universitas.

Untuk mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu, menurut Djagal, besar uang UKT UGM bisa Rp 0 hingga Rp 500.000 per semester.

Besaran uang UKT sediri dikelompokkan menjadi delapan. Seperti kelompok kelompok I atau UKT 1 mulai dari nol rupiah hingga maksimal Rp5 00.000 per semester.

Lalu, kelompok II sebesar Rp 501.000 – Rp 1.000.000. Sedangkan untuk kelompok 3 minimal Rp 2,4 juta hingga maksimal Rp 7,5 juta.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.