Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/07/2022, 17:37 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Agung Podomoro berhasil mendapatkan akreditasi "Baik Sekali" dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Akreditasi diraih setelah kegiatan asesmen yang berlangsung pada 17-18 Juni 2022.

Penetapan hasil peringkat akreditasi Podomoro University didasarkan pada Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 295/SK/BAN-PT/Akred/PT/VI/2022 yang berlaku sejak tanggal 28 Juni 2022 sampai dengan 28 Juni 2027.

Pencapaian ini diraih menjelang perhelatan puncak dies natalis ke-9 Agung Podomoro University, yang akan jatuh pada 17 Juli 2022. 

“Puji syukur, pencapaian akreditasi Podomoro University dengan peringkat akreditasi institusi Baik Sekali di usia menjelang 9 tahun, merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi kami," ujar Rektor Agung Podomoro University Bacelius Ruru seperti dikutip dari rilis resmi (5/6/2022).

"Ini adalah buah upaya, dedikasi dan sinergi positif dari seluruh dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, orang tua, alumni serta stakeholders Podomoro University," tambah Rektor Agung Podomoro University.

Bacelius Ruru juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh sivitas akademika Podomoro University beserta segenap lapisan masyarakat yang telah mendukung hingga sejauh ini.

“Pencapaian prestasi ini tentu saja masih harus ditingkatkan, sehingga kami mampu mewujudkan mimpi, cita-cita serta visi-misi founder Podomoro University, Bapak Trihatma K. Haliman, untuk menjadi universitas berbasis kewirausahaan yang berbudaya Indonesia dan berkualitas internasional," tambahnya.

Rektor Podomoro University juga menegaskan, dalam tahun-tahun mendatang pihaknya masih harus terus meningkatkan kinerja, mutu dan kualitasnya agar dapat memperoleh akreditasi Unggul, baik akreditasi institusi maupun program studi.

Baca juga: Unesa Raih Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Hal ini mengingat akreditasi merupakan bagian dari sistem penjaminan mutu eksternal untuk perguruan tinggi yang mengacu pada Standar Nasional Perguruan Tinggi.

"Akreditasi menjadi salah satu indikator penilaian untuk meningkatkan public trust terhadap universitas kami,” tegas Rektor Agung Podomoro University.

Dalam kesempatan sama, Bacelius Ruru juga menyampaikan pihaknya telah memiliki tiga program studi (prodi) dengan peringkat akreditasi Baik Sekali yaitu prodi S1 Arsitektur, prodi S1 Kewirausahaan, dan prodi D4 Manajamen dan Rekayasa Konstruksi.

"Dalam waktu dekat ini, kami akan melakukan re-akreditasi untuk lima program studi yaitu program studi D4 Bisnis Perhotelan, program studi S1 Akuntansi, program studi S1 Hukum Bisnis, program studi S1 Perencanaan Wilayah dan Kota serta program studi S1 Desain Produk," jelas Bacelius Ruru.

"Harapan kami, tentu saja Podomoro University kembali bisa memperoleh peringkat akreditasi Baik Sekali bahkan Unggul,” pungkas Rektor Podomoro University.

Baca juga: Hanya 27 dari 4.500 Kampus Indonesia Raih Akreditasi Unggul BAN PT, Mana Saja?

Kegiatan asesmen lapangan akreditasi perguruan tinggi Agung Podomoro University dihadiri secara langsung oleh tim assessor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang terdiri dari Prof. Bambang Agus Pramuka, Subagyo, Diena Mutiara Lemy, serta tim manajemen Podomoro University.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com