Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/06/2022, 10:32 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Saat ini, dari sekitar 4.500 perguruan tinggi di Indonesia, berdasarkan data di web Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) per 14 Juni 2022, baru 27 perguruan tinggi yang mendapatkan peringkat Unggul untuk Akreditasi Perguruan Tinggi (APT).

Hal tersebut dipaparkan Kepala Kantor Jaminan Mutu (KJM) UGM, Prof. Indra Wijaya Kusuma saat menyampaikan predikat akreditasi unggul yang diraih Universitas Gadjah Mada (UGM).

UGM meraih akreditasi perguruan tinggi dengan predikat unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) per 14 Juni 2022.

Dilansir dari laman BAN PT, akreditasi merupakan upaya BAN-PT untuk menilai dan menentukan status mutu perguruan tinggi berdasarkan kriteria mutu yang telah ditetapkan. Sebagai hasil, akreditasi merupakan status mutu perguruan tinggi yang diumumkan kepada masyarakat. Status Terakreditasi berdasarkan Nilai Akreditasi diberi peringkat Unggul, Baik Sekali, atau Baik.

Baca juga: 15 PTN Masih Buka Jalur Mandiri S1 2022, Berikut Link Pendaftaran

Indra mengatakan, predikat akreditasi unggul yang diraih menunjukkan bahwa UGM telah berhasil menjadi perguruan tinggi dengan standar yang jauh melampaui Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) baik dari sisi kuantitatif maupun kualitatif dalam semua proses Tridarma Perguruan Tinggi.

 

“Bersyukur UGM sudah beralih ke peringkat akreditasi unggul dan siap untuk melanjutkan pencapaian prestasi kinerja akademik dan non-akademik yang lebih baik ke depannya,” tuturnya seperti dilansir dari laman UGM.

Indra menjelaskan predikat akreditasi unggul diraih UGM melalui proses Instrumen Suplemen Konversi (ISK) yang disusun dan disiapkan oleh tim taskforce ISK UGM mulai akhir tahun 2021 lalu. Terdapat tiga kriteria yang harus dipenuhi yakni dosen, sistem penjaminan mutu dan publikasi ilmiah.

Perolehan akreditasi perguruan tinggi unggul ini diharapkan Indra bisa segera diikuti oleh seluruh program studi yang ada di UGM. Saat ini 244 program studi telah terakreditasi A/Unggul dari BAN PT dan LAMPT-Kes.

Baca juga: 8 Perguruan Tinggi BUMN Buka Beasiswa 2022, Bebas Biaya Kuliah

“Harapannya nantinya semua program studi di UGM dapat melakukan konversi akreditasi dan melanjutkan akreditasi di level internasional,” ucap Indra.

Selain meraih predikat unggul BAN PT, UGM juga menjadi salah satu dari dua universitas di Indonesia yang memperoleh sertifikasi internasional university level dari AUN-QA dengan masa berlaku sertifikat 2018-2023.

 

Di samping itu, sepanjang 2017-2021 UGM sukses mewujudkan peningkatan jumlah program studi yang memperoleh akreditasi internasional dari sejumlah lembaga akreditasi kredibel.

Sampai sekarang terdapat 44 program studi telah terakreditasi internasional dan 20 program studi yang tersertifikasi internasional dari AUN-QA.

Berikut ini daftar 27 kampus terakreditasi Unggul oleh BAN-PT (Daftar ini bukan pemeringkatan, tetapi urutan berdasarkan abjad di laman www.banpt.or.id)

1. Akademi Angkatan Udara (AAU)

2. Institut Teknologi Bandung

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com