Kompas.com - 05/07/2022, 15:45 WIB
|

KOMPAS.com - Setiap 5 Juli ternyata diperingati sebagai Hari Bank Indonesia. Apakah siswa sudah paham? Seperti apa sejarah Bank Indonesia?

Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Selasa (5/7/2022), Bank Indonesia yang berperan sebagai bank sentral di Indonesia kini menginjak usia 69 tahun.

Tapi, di Indonesia dulu berdiri bank pertama dengan nama Bank van Courant en Van Leening pada 1746. Bank ini memiliki tugas untuk memberikan pinjaman dengan jaminan emas, perak, perhiasan, dan barang-barang berharga lainnya.

Baca juga: Siswa, Yuk Ketahui Keistimewaan Sekolah di SMK

Pada tahun 1752, Bank van Courant disempurnakan menjadi De Bank van Courant en Bank van Leening. Bank ini bertugas memberikan pinjaman kepada pegawai VOC agar mereka dapat menempatkan dan memutarkan uang mereka pada lembaga ini.

Hal ini dilakukan dengan memberikan imbalan bunga. Namun sayangnya pada tahun 1818 Bank Courant en Bank Van Leening terpaksa tutup karena krisis keuangan.

Tapi, setelah Bank Courant en Bank Van Leening tutup, pada 1828 didirikan De Javasche Bank yang menjadi cikal bakal Bank Indonesia.

Pemerintah Kerajaan Belanda memberikan octrooi atau hak-hak istimewa kepada De Javasche Bank (DJB) untuk bertindak sebagai bank sirkulasi.

Sebagai bank sirkulasi, DJB memiliki kewenangan untuk mencetak dan mengedarkan uang Gulden di wilayah Hindia Belanda. Octrooi secara periodik diperpanjang setiap 10 tahun sekali.

De Javasche Bank merupakan bank sirkulasi pertama di Asia. Pada tahun 1922 Pemerintah Belanda menerbitkan undang-undang De Javasche Bank Wet.

Baca juga: Siswa, Seperti Ini 4 Periode Zaman Batu di Masa Praaksara

Usai Indonesia berhasil merdeka pada tahun 1945, sesuai mandat yang tertulis dalam penjelasan UUD 45 pasal 23 maka Pemerintah Republik Indonesia membentuk bank sirkulasi yaitu Bank Negara Indonesia (BNI).

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.