Kompas.com - 05/07/2022, 12:57 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Setelah melalui proses yang panjang sejak Desember 2020, tujuh program studi (Prodi) Universitas Andalas (Unand) berhasil meraih akreditasi internasional dari lembaga Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA) yang berkedudukan di Jerman.

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Unand, Prof. Henny Lucida menyebut, prodi yang meraih akreditasi internasional, terdiri dari prodi S1 Manajemen, Akuntansi, dan Ilmu Ekonomi.

Baca juga: Dokter Unair Ungkap 7 Gejala TBC dan Tahapan Pengobatannya

Lalu ada Prodi S2 Manajemen dan Akuntansi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Kemudian ada Prodi S1 Sastra Indonesia dan Sastra Jepang pada Fakultas Ilmu Budaya (FIB).

"Ketujuh prodi tersebut terakreditasi oleh FIBAA terhitung dari tanggal 29 Juni 2022 sampai 28 Juni 2027," ungkap dia melansir laman Unand, Selasa (5/7/2022).

Prof. Henny menjelaskan, FIBAA merupakan salah satu lembaga akreditasi internasional di bawah European Quality Assurance Register (EQAR) untuk pendidikan tinggi yang diakui Dikti berdasarkan Kepmendikbud No. 83/P/2020 tentang Lembaga Akreditasi Internasional.

Menurut Rektor Unand Prof. Yuliandri, dengan berhasilnya 7 prodi terakrediatasi FIBBA, maka Unand sudah memiliki 12 prodi terakreditasi internasional, termasuk 3 prodi oleh ABET dan 2 prodi oleh IABEE pada Fakultas Teknik.

Di tahun ini, Prodi S1 Kimia Fakultas MIPA juga akan divisitasi dalam rangka akreditasi internasional oleh The Royal Society of Chemistry.

Baca juga: Ahli Hukum Unair Soroti Legalisasi Ganja untuk Medis

"Capaian akreditasi internasional ini tentu akan menambah bukti kinerja Unand terutama Indikator Kinerja Utama (IKU 8), yaitu jumlah prodi terakreditasi internasional," ujar Rektor Unand.

Wakil Rektor I Unand, Prof. Mansyudin menambahkan semua prodi yang telah memperoleh akreditasi internasional akan didorong untuk melakukan kerja sama internasional dalam rangka internasionalisasi pendidikan, melalui program, gelar ganda regular atau gelar ganda percepatan.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.