Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Buka Skema Baru Penerimaan Mahasiswa S1 2022 lewat Jalur Prestasi

Kompas.com - 27/05/2022, 16:01 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) membuka skema penerimaan mahasiswa baru UI untuk lulusan SMA/sederajat yang memilih program pendidikan S1 Reguler 2022.

Skema beru tersebut dibuka melalui Jalur Prestasi 2022 dengan menggunakan nilai rapor dan sertifikat prestasi. Jalur ini terbuka bagi calon mahasiswa berprestasi yang lulus di tahun 2022.

Pendaftaran jalur prestasi ini telah dibuka pada 12 Mei 2022 dan masih berlangsung sampai dengan 4 Juni 2022.

Berbeda dengan jalur olimpiade yang sudah ada sebelumnya, jalur prestasi pada tahun ini menerima lebih banyak jenis prestasi. Jalur ini dapat diikuti oleh seluruh siswa/siswi berprestasi di Indonesia yang lulus pada tahun 2022.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran 2022: UGM, UI, Undip, Unpad

Bagi yang telah mendaftar, hasil seleksi dapat dilihat pada 24 Juni 2022. Setelah itu, dalam prosesnya nanti akan ada tahapan wawancara oleh fakultas.

Ada lima bidang jenis prestasi yang diterima dalam jalur prestasi, yakni:

  1. sains dan teknologi
  2. ilmu kesehatan
  3. ekonomi dan kewirausahaan
  4. seni, bahasa, literasi, dan keagamaan
  5. olah raga

Bagi yang memiliki prestasi di bidang sains dan teknologi dapat memilih program studi dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Teknik (FT), dan Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM).

Lalu, untuk yang memiliki prestasi di bidang kesehatan, dapat memilih program studi dari Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK), Fakultas Farmasi (FF), dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM).

Baca juga: Kemendikbud Luncurkan Beasiswa Indonesia Maju, Kuliah Gratis S1-S2

Sementara itu, siswa-siswi yang memiliki prestasi di bidang ekonomi dan kewirausahaan, dapat memilih program studi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Ilmu Administrasi (FIA).

Bagi yang memiliki prestasi di bidang seni, bahasa, literasi, dan keagamaan, dapat memiliki program studi dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Hukum (FH), dan Fakultas Psikologi.

Jenis prestasi yang akan menjadi bahan pertimbangan saat proses seleksi adalah minimal penerima medali perunggu atau juara tiga di kejuaraan kompetisi tingkat nasional dan internasional.

Prestasi yang diperoleh merupakan prestasi yang diterima saat masih menjadi siswa/siswi aktif SMA/sederajat selama tiga tahun terakhir. Sertifikat kejuaraan yang diperoleh diperlukan dalam syarat untuk pendaftaran.

Persyaratan lainnya adalah pendaftar memenuhi persyaratan kesehatan yang ditetapkan oleh program studi.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 1 Tahun Lulusan SMA-SMK dan D1-S1, Segera Daftar

Setelah itu, pendaftar mengunggah scan rapor (halaman data diri dan nilai pengetahuan semester 1 sampai semester 5) dan sertifikat bukti prestasi dalam bentuk file PDF dengan maksimal 2 MB. Pendaftaran jalur prestasi gratis, peserta tidak dipungut biaya.

Tata cara mendaftar jalur prestasi dimulai dari membuat akun pendaftaran pada laman https://penerimaan.ui.ac.id/.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com