Kompas.com - 27/05/2022, 16:01 WIB

KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) membuka skema penerimaan mahasiswa baru UI untuk lulusan SMA/sederajat yang memilih program pendidikan S1 Reguler 2022.

Skema beru tersebut dibuka melalui Jalur Prestasi 2022 dengan menggunakan nilai rapor dan sertifikat prestasi. Jalur ini terbuka bagi calon mahasiswa berprestasi yang lulus di tahun 2022.

Pendaftaran jalur prestasi ini telah dibuka pada 12 Mei 2022 dan masih berlangsung sampai dengan 4 Juni 2022.

Berbeda dengan jalur olimpiade yang sudah ada sebelumnya, jalur prestasi pada tahun ini menerima lebih banyak jenis prestasi. Jalur ini dapat diikuti oleh seluruh siswa/siswi berprestasi di Indonesia yang lulus pada tahun 2022.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran 2022: UGM, UI, Undip, Unpad

Bagi yang telah mendaftar, hasil seleksi dapat dilihat pada 24 Juni 2022. Setelah itu, dalam prosesnya nanti akan ada tahapan wawancara oleh fakultas.

Ada lima bidang jenis prestasi yang diterima dalam jalur prestasi, yakni:

  1. sains dan teknologi
  2. ilmu kesehatan
  3. ekonomi dan kewirausahaan
  4. seni, bahasa, literasi, dan keagamaan
  5. olah raga

Bagi yang memiliki prestasi di bidang sains dan teknologi dapat memilih program studi dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Teknik (FT), dan Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM).

Lalu, untuk yang memiliki prestasi di bidang kesehatan, dapat memilih program studi dari Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK), Fakultas Farmasi (FF), dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM).

Baca juga: Kemendikbud Luncurkan Beasiswa Indonesia Maju, Kuliah Gratis S1-S2

Sementara itu, siswa-siswi yang memiliki prestasi di bidang ekonomi dan kewirausahaan, dapat memilih program studi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Ilmu Administrasi (FIA).

Bagi yang memiliki prestasi di bidang seni, bahasa, literasi, dan keagamaan, dapat memiliki program studi dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Hukum (FH), dan Fakultas Psikologi.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.