Kompas.com - 27/05/2022, 15:22 WIB
|

KOMPAS.com - Pada akhir tahun ajaran baru ini, banyak siswa yang sedang atau akan mengikuti Penilaian Akhir Tahun (PAT). Tentu, kini siswa harus lebih rajin belajar.

Harapannya nanti bisa naik kelas. Tetapi, rajin belajar tidak bisa dipaksakan. Semua butuh proses dan kemauan dari diri sendiri.

Tentu, orang yang rajin belajar juga tahu bagaimana cara untuk bersenang-senang, tetapi mereka menjadikan belajar sebagai prioritas utama dan tetap sesuai rencana belajar yang lengkap dan rinci.

Baca juga: Siswa Mau Belajar Seni Pantomim? Ini 3 Tahap Latihannya

Namun, menjadi rajin belajar bukan berarti hanya belajar banyak saja. Hal tersebut juga berkaitan dengan pola pemikiran yang memungkinkan Anda menjadi antusias dalam mendapatkan ilmu.

Bagi siswa sekolah, berikut ini dijelaskan 8 cara rajin belajar. Informasi dirangkum dari laman SMPN 3 Gadingrejo Lampung.

Cara rajin belajar

1. Belajarlah untuk fokus

Orang-orang saat ini lebih tergantung kepada teknologi, hal tersebut membuat kita sulit untuk fokus pada satu hal untuk jangka waktu yang lama.

Belajarlah untuk memonitor diri Anda sendiri dan sadarlah ketika pikiran Anda melayang-layang. Jika ada hal lain yang mengganggu Anda, beritahu diri sendiri bahwa Anda akan mendedikasikan 15 menit penuh untuk berkonsentrasi daripada membiarkan hal tersebut mengganggu pikiran Anda.

Istirahat sama pentingnya dengan fokus. Anda perlu beristirahat selama 10 menit per satu jam, sehingga pikiran Anda dapat kembali fokus.

2. Fokuslah di dalam kelas

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.