Kompas.com - 27/05/2022, 14:03 WIB

KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kemendikbud Ristek menawarkan berbagai program peningkatan karir dosen perguruan tinggi akademik, salah satunya Sertifikasi dosen (Serdos)

Program ini merupakan upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional dan memperbaiki kesejahteraan dosen.

Ditjen Diktiristek melalui akun Instagram resmi menyarankan dosen yang akan mengikuti sertifikasi dosen untuk melengkapi persyaratan sebelum periode Serdos dibuka.

Baca juga: Kemendikbud Luncurkan Beasiswa Indonesia Maju, Kuliah Gratis S1-S2

Untuk meningkatkan layanan dalam pemberian sertifikat pendidik untuk dosen, Ditjen Diktiristek membuat konsep baru dalam program Sertifikasi Dosen (serdos). Konsep baru yang dinamai SMART (Simple, Modern – more innovative, Accountable, Responsive, Transparent).

Dilansir dari laman Diktiristek, konsep tersebut sejalan dengan semangat Kampus Merdeka yang memberikan arah kepada penguatan kompetensi dan profesional dosen dengan memberikan ruang yang lebih fleksibel dalam pelaksanaan tridarma perguruan tinggi.

Dalam kerangka itu, dosen dapat memilih salah satu darma yang akan menjadi pilihan utama untuk dilaksanakan dan dikembangkan sesuai dengan passion dosen dalam pelaksanaan tridarma perguruan tinggi.

Serdos SMART merupakan bentuk inovasi layanan sertifikasi pendidik untuk dosen, yang menghadirkan pola dan mekanisme baru yang terintegrasi dengan mengedepankan aspek komitmen profesional, nilai-nilai budaya akademik, kejujuran dan integritas semua unsur yang terlibat dalam pelaksanaanya.

Baca juga: 5 Beasiswa S2-S3 Tanpa Batas Usia, Kuliah Gratis dan Biaya Hidup

Berikut syarat Peserta Sertifikasi Dosen:

1. Memiliki NIDN atau NIDK.

2. Mememiliki jabatan fungsional minimal asisten ahli.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.