Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMKN 56 Jakarta Kerja Sama Perusahaan Ini, Siswa Belajar Kendaraan Air

Kompas.com - 10/05/2022, 14:57 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - SMKN 56 Jakarta bekerja sama dengan salah satu perusahaan swasta Bombardier Recreational Products (BRP) Indonesia. Dari kerja sama itu, siswa bisa belajar mengenai jenis kendaraan air.

Pasalnya, BRP sebagai distributor regional kendaraan petualangan dengan merek Sea-Doo dan Can-Am untuk wilayah Indonesia dan Malaysia bekerjasama dengan SMKN 56 Jakarta.

Tujuannya ialah mengembangkan lulusan vokasi yang link and match dengan kebutuhan industri melalui program praktek kerja lapangan dan fasilitas belajar di sekolah yaitu Sea-Doo Class.

Baca juga: Contoh Persatuan dan Kesatuan, Penting Dipahami Siswa

CEO BRP Indonesia, Enderi Andreanto mengatakan, pada 2021 pihaknya bekerja sama dengan SMKN 56 Jakarta yang dimulai dengan program praktek kerja lapangan (PKL) yang diikuti oleh sekitar 12 siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan.

Dukung link and match

Tentunya, para siswa langsung mempraktekkan ilmunya secara teknis dengan unit personal watercraft (PWC) merek Sea-Doo dan kendaraan off-road maupun on-road merek Can-Am.

"Ini adalah upaya BRP Indonesia untuk bersinergi dengan dunia pendidikan dalam mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan siap terjun di dunia kerja," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (10/5/2022).

Selain itu, pihaknya juga berharap PKL dan Sea-Doo ini bisa memberi manfaat nyata di dunia vokasi dan berperan nyata dalam link and match pengembangan guru dan siswa, sehingga sesuai dengan perkembangan kebutuhan industri.

Baca juga: 7 Tips Meningkatkan Motivasi Belajar bagi Siswa

Sebagai kelanjutan kerja sama itu, pihaknya menyumbangkan 2 unit Sea-Doo yang digunakan oleh guru serta siswa untuk pembelajaran di kelas.

SDM mumpuni bidang kendaraan air

Selain dengan pembekalan materi dan praktek untuk guru dan siswa SMK, di tahun ini pihaknya juga tengah mempersiapkan materi pembelajaran.

Khususnya untuk pemeliharaan PWC untuk menjadi kurikulum yang akan diajarkan di SMKN 56 Jakarta jurusan Teknik Kendaraan Ringan.

Kepala SMKN 56 Jakarta, M. Bakrie Akkas berharap kerja sama ini jadi pintu untuk pengembangan SDM yang mumpuni di bidang Kendaraan Air di kemudian hari.

Baca juga: 4 Jenis Tanaman Obat yang Harus Diketahui Siswa

"Kami sangat merasa terhormat karena SMKN 56 Jakarta menjadi SMK pertama yang bekerjasama dengan industri kendaraan rekreasional di bidang air," terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com