Kompas.com - 10/05/2022, 14:57 WIB
|

KOMPAS.com - SMKN 56 Jakarta bekerja sama dengan salah satu perusahaan swasta Bombardier Recreational Products (BRP) Indonesia. Dari kerja sama itu, siswa bisa belajar mengenai jenis kendaraan air.

Pasalnya, BRP sebagai distributor regional kendaraan petualangan dengan merek Sea-Doo dan Can-Am untuk wilayah Indonesia dan Malaysia bekerjasama dengan SMKN 56 Jakarta.

Tujuannya ialah mengembangkan lulusan vokasi yang link and match dengan kebutuhan industri melalui program praktek kerja lapangan dan fasilitas belajar di sekolah yaitu Sea-Doo Class.

Baca juga: Contoh Persatuan dan Kesatuan, Penting Dipahami Siswa

CEO BRP Indonesia, Enderi Andreanto mengatakan, pada 2021 pihaknya bekerja sama dengan SMKN 56 Jakarta yang dimulai dengan program praktek kerja lapangan (PKL) yang diikuti oleh sekitar 12 siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan.

Dukung link and match

Tentunya, para siswa langsung mempraktekkan ilmunya secara teknis dengan unit personal watercraft (PWC) merek Sea-Doo dan kendaraan off-road maupun on-road merek Can-Am.

"Ini adalah upaya BRP Indonesia untuk bersinergi dengan dunia pendidikan dalam mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan siap terjun di dunia kerja," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (10/5/2022).

Selain itu, pihaknya juga berharap PKL dan Sea-Doo ini bisa memberi manfaat nyata di dunia vokasi dan berperan nyata dalam link and match pengembangan guru dan siswa, sehingga sesuai dengan perkembangan kebutuhan industri.

Baca juga: 7 Tips Meningkatkan Motivasi Belajar bagi Siswa

Sebagai kelanjutan kerja sama itu, pihaknya menyumbangkan 2 unit Sea-Doo yang digunakan oleh guru serta siswa untuk pembelajaran di kelas.

SDM mumpuni bidang kendaraan air

Selain dengan pembekalan materi dan praktek untuk guru dan siswa SMK, di tahun ini pihaknya juga tengah mempersiapkan materi pembelajaran.

Khususnya untuk pemeliharaan PWC untuk menjadi kurikulum yang akan diajarkan di SMKN 56 Jakarta jurusan Teknik Kendaraan Ringan.

Kepala SMKN 56 Jakarta, M. Bakrie Akkas berharap kerja sama ini jadi pintu untuk pengembangan SDM yang mumpuni di bidang Kendaraan Air di kemudian hari.

Baca juga: 4 Jenis Tanaman Obat yang Harus Diketahui Siswa

"Kami sangat merasa terhormat karena SMKN 56 Jakarta menjadi SMK pertama yang bekerjasama dengan industri kendaraan rekreasional di bidang air," terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.