Kompas.com - 10/05/2022, 11:01 WIB
|

KOMPAS.com - Indonesia memiliki kekayaan alam yang tak banyak dimiliki negara lain. Bahkan menjadi produsen utama berbagai hasil laut seperti rumput laut, udang, ikan tuna, dan kepiting.

Tetapi, hasil laut banyak yang belum diolah menjadi produk. Padahal, potensi biota laut dengan beragam kandungan senyawa aktif sangat prospektif.

Demikian diungkapkan Dr. Kustiariyah Tarman, Dosen IPB University dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dalam Seminar Ilmiah Berkala ke-52 gelaran Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Kamis (28/4/2022).

Baca juga: Dosen IPB Bagi Cara Mengetahui Telur Busuk Lewat Teknik Ini

Menurutnya, Indonesia masih kalah dengan negara tetangga yang telah mengolah lebih lanjut hasil lautnya sehingga memiliki nilai tambah yang tinggi.

"Sebenarnya tidak hanya keragaman hayati yang tinggi tetapi juga keragaman struktur kimia yang ada di dalamnya," ujarnya dikutip dari laman IPB University, Selasa (10/5/2022).

Jadi ini merupakan satu kesatuan. Tentu ini juga akan memberikan keragaman dari aktivitas biologis yang nanti bisa dimanfaatkan dalam banyak bidang.

Ia menyebut, sebagian besar obat-obatan yang beredar di pasaran berbasis produk alami. Contoh produk yang sukses dikembangkan dari biota laut yaitu dapat menghasilkan obat:

Pemanfaatannya masih kecil

Sayangnya, Indonesia sebagai negara tropis hanya bisa memanfaatkan sebagian kecil potensi biota laut yang dimiliki.

Tentu, ini dikarenakan waktu pengembangan yang cukup lama dan biaya penelitian dan produksinya tergolong mahal.

Meskipun keragaman struktur kimia dan aktivitas biologis dari biota laut sangat tinggi dan prospektif untuk dikembangkan lebih lanjut.

Baca juga: Harusnya Produk Singkong Dimakan Utuh, Guru Besar IPB Beri Alasannya

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.