Kompas.com - 10/05/2022, 13:12 WIB

KOMPAS.com - Gaya pembelajaran jarak jauh, ditambah dengan kondisi lingkungan tempat anak belajar, bisa menjadi sejumlah faktor yang mempengaruhi kualitas belajar anak.

Jika anak bukan tipe pembelajar aktif, anak mungkin perlu waktu yang lama untuk beradaptasi dengan gaya pembelajaran yang serba digital. Sehingga, tak jarang orangtua berpikir bahwa anaknya adalah pelajar yang lambat.

Karena itu, penting bagi orang tua untuk mengetahui apa yang menyebabkan anak lambat memahami pelajaran, karena ketika permasalahan ini diabaikan, dapat mempengaruhi kualitas belajar anak serta nilai akademiknya.

Baca juga: Orangtua, Ini Dampak Bila Sering Memarahi Anak Saat Belajar

Berikut penyebab mengapa anak lambat dalam belajar, dan apa yang harus dilakukan orangtua untuk mengatasinya, merangkum laman Sekolah PBK Penabur:

1. Kurang fokus

Fokus merupakan kunci untuk belajar. Jika anak tidak memberikan perhatian penuh pada apa yang ia coba pelajari, maka itu bisa membuatnya sulit dan lebih lambat belajar.

Orangtua baiknya tidak cepat-cepat beranggapan bahwa anak adalah pembelajar yang lambat, kemungkinan besar ia hanya pembelajar yang mudah terganggu.

Setelah anak meningkatkan fokusnya, orangtua bisa terkejut dengan seberapa cepat anak dapat menginternalisasi pengetahuan dan keterampilan baru.

Bagaimana cara meningkatkan fokus anak? Berikut ini beberapa hal untuk membantu meningkatkan fokus belajar anak:

a. Anak lebih mudah untuk berfokus di lingkungan yang tenang dan bebas gangguan

Strategi pertama dan paling sederhana untuk meningkatkan fokus anak adalah dengan menyingkirkan sebanyak mungkin gangguan. Pilih lingkungan yang tenang untuk melakukan pembelajaran jarak jauh dan pastikan anak tidak akan diganggu.

Baca juga: 7 Tanda Anak Cerdas dan Berpotensi Punya IQ Tinggi

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.