Kompas.com - 18/01/2022, 08:26 WIB
|

KOMPAS.com - Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan Kemendikbud Ristek terus berjalan. Bahkan masih banyak menerima masukan dan kritikan.

Seperti halnya dari Panitia Kerja (Panja) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Komisi X DPR RI mengapresiasi berbagai masukan dan catatan kritis terkait MBKM.

Terlebih dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) Panja MBKM Komisi X DPR RI, Senin (17/1/2022), Anggota Komisi X DPR RI Illiza Sa’aduddin Djamal mengapresiasi masukan narasumber.

Baca juga: Komisi X DPR: Mahasiswa S3 Sulit Lulus karena Rezim Indeks Scopus

Beberapa masukan itu antara lain Heppy Trenggono dari Indonesian Bussiness Forum, perwakilan Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), Himpunan Pengusaha Pribumi (Hippi), serta Kompas-Gramedia.

"Kami mengapresiasi dan berterimakasih atas masukan yang sangat lengkap yang disampaikan oleh para narasumber terkait MBKM," ujarnya seperti dikutip dari laman DPR.

"Sebetulnya apa yang disampaikan itu sudah pernah kami sampaikan kepada Mas Menteri (Mendikbud) saat rapat kerja dengan Komisi X DPR RI beberapa kali," imbuhnya.

Pentingnya link and match

Menurutnya, link and match dalam pendidikan dan dunia kerja benar-benar tidak hanya ter-link, namun juga harus match. Ini yang menjadi permasalahan selama ini.

Sebut saja mahasiswa magang di Gramedia, memang bisa mendapatkan link, namun terkadang tidak match dengan jurusan yang tengah dipelajarinya di kampus.

Dengan kata lain, apa yang didapat saat magang tidak linear dengan disiplin ilmu yang dipilihnya di bangku kuliah. Semua narasumber juga sepakat dengan program MBKM ini, namun implementasinya memang yang sangat sulit.

Karena itulah perlu dicari solusi yang terbaik agar program ini berhasil dan berdaya guna.

Baca juga: Komisi X DPR: Siswa SMK Harus Mampu Ciptakan Usaha Baru

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.