Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua DPR Dorong Guru Honorer Dimudahkan Jadi ASN

Kompas.com - 26/11/2021, 15:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Setiap 25 November, bangsa Indonesia memperingati sebagai Hari Guru Nasional. Adapun tema HGN 2021 ialah "Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan".

Pada HGN 2021 ini, Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani mengapresiasi jasa para guru dalam mendidik putra dan putri bangsa dalam peringatan Hari Guru Nasional yang jatuh setiap tanggal 25 November.

Puan juga mengucapkan selamat ulang tahun untuk Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Baca juga: Nadiem: Merdeka Belajar Demi Masa Depan Guru Indonesia

"Selamat Hari Guru Nasional tahun 2021 dan selamat hari ulang tahun ke-76 PGRI. Bangkit guruku, maju negeriku," ujar Puan seperti dikutip dari laman DPR RI.

Berharap guru honorer lebih diperhatikan

Dijelaskan, Puan bersyukur kini kesejahteraan guru berangsur membaik. Meski begitu, Puan mengingatkan masih banyak guru yang belum mendapatkan kesejahteraan layak, khususnya para guru honorer.

"Guru adalah ujung tombak pendidikan bangsa. Dedikasi mereka adalah perjuangan tanpa batas yang tak kenal kata menyerah. Maka sudah menjadi kewajiban negara untuk memberikan penghargaan setinggi-tingginya bagi para guru," ungkapnya.

Karenanya, ia berharap agar nasib guru honorer lebih diperhatikan lagi, khususnya bagi para guru yang telah lama mengabdi.

Dia mengapresiasi pemerintah yang sudah memberikan afirmasi terhadap guru honoror yang mengikuti seleksi aparatur sipil negara (ASN) di Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru.

Tetapi diharapkan afirmasi tersebut semakin ditambah, agar proses pengangkatan para guru honorer yang sudah lama mengabdi, bisa dipercepat.

Baca juga: Ikut Magang DPR RI, 200 Mahasiswa Tambah Ilmu Legislasi

"Kami mendorong agar pemerintah semakin mempermudah seleksi untuk guru honorer yang telah lama mendedikasian dirinya untuk mendidik anak-anak kita," tutur Puan.

Tambahan afirmasi dalam seleksi PPPK akan menjadi bentuk penghargaan negara terhadap dedikasi guru honorer. Sebab seperti diketahui, kesejahteraan guru-guru honorer terbilang masih sangat kecil.

Terus kawal program 1 juta guru PPPK

Ada banyak berita bagaimana perjuangan guru-guru honorer, khususnya di daerah pelosok negeri, yang gajinya bahkan tak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya.

Untuk itulah dia meminta pemerintah segera merealisasikan komitmen untuk memberikan kesejahteraan yang merata kepada seluruh guru. Puan menegaskan DPR RI akan terus mengawal setiap kebijakan pemerintah terkait guru.

"Salah satu fungsi pengawasan DPR dalam masa sidang ini diarahkan kepada pengawasan terhadap program satu juta guru PPPK tahun 2021," katanya.

"DPR akan memastikan pendistribusian guru secara merata agar permasalahan kekurangan dan pemerataan guru di setiap jenjang dapat terselesaikan," terangnya.

Lebih lanjut, Puan juga menyampaikan apresiasi yang tinggi bagi seluruh guru yang selama hampir 2 tahun ini terus berkomitmen mendidik dan mencerdaskan generasi penerus bangsa di tengah tantangan Pandemi Covid-19.

Baca juga: Siswa, Ini Pengamalan Nilai-nilai Pancasila Bidang Ekonomi

Ia menyadari, tugas guru dalam mengajar anak didiknya di era Covid-19 tidak mudah. Apalagi dengan segala keterbatasan baik infrastruktur dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com