Kompas.com - 18/01/2022, 07:57 WIB

KOMPAS.com - Lintas jurusan saat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) memang diperbolehkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Misalnya, kamu merupakan siswa dari jurusan IPA dan saat kuliah ingin memilih jurusan IPS, atau sebaliknya. Namun, ketentuan lintas jurusan bisa berbeda di tiap PTN. Sehingga calon mahasiswa harus memastikan apakah jurusan di PTN pilihan bisa menerima lintas jurusan.

LTMPT menghimbau calon mahasiswa agar sejalur dengan jurusan yang dipilih agar peluang lolos SBMPTN tetap tinggi. 

Baca juga: Jurusan Kuliah IPA-IPS Paling Diminati di SBMPTN UI, UGM, UB, Unpad

Dilansir dari laman Akupintar, Ada beberapa langkah persiapan untuk menghadapi lintas jurusan.

1. Fokus dulu dengan materi yang sudah dikenal

Baik siswa dari kelas IPA maupun IPS, tetap harus mengikuti Tes Potensi Skolastik (TPS) saat UTBK berlangsung. Sebelum mempelajari materi-materi jurusan untuk Tes Kemampuan Akademik (TKA), ada baiknya kita sudah menguasai TPS terlebih dahulu. Pasalnya, TPS berpotensi membantu atau bahkan mendongkrak nilai akhir UTBK para peserta.

2. Kenali dan pahami konsep materi jurusan

Bagaimana mengejar ketertinggalan materi IPA atau IPS? Kalau melihat buku teks atau judul per bab, masing-masing materi IPA atau IPS memang banyak sekali. Namun mari mengubah cara memandang materi pelajaran.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran di UI, UGM, Undip, Unpad, Unair

Sebenarnya, masing-masing mata pelajaran memiliki konsep dasar yang menjadi fondasi pengembangan materi selanjutnya. Misalnya, pada mata pelajaran ekonomi materi yang perlu dikuasai untuk persiapan UTBK adalah teori pengantar dan konsep dasar ekonomi, teori makroekonomi, dan lain-lain.

Dengan kata lain, hanya bagian tertentu saja dari mata pelajaran ekonomi selama tiga tahun di sekolah yang diujikan pada UTBK. Tak perlu habiskan waktu untuk belajar dari buku temanmu di kelas lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.