Kompas.com - 01/01/2022, 11:23 WIB
Ilustrasi madu Shutterstock/Donot6 StudioIlustrasi madu
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Berawal dari keresahan terhadap banyaknya produk madu murni palsu, mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta membuat brand madu murni sendiri bernama "Neebee".

Pendiri itu bernama Mochammad Nibraasuddiin Aley Z. Dia adalah mahasiswa program studi (Prodi) S1 Informatika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS.

Baca juga: 10 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2021-2022

Dari jualan madu, dia berhasil meraup keuntungan puluhan juta di tahun pertamanya.

Lalu bagaimana dia melakoni bisnisnya? Berikut pengalaman yang dijalankannya ketika merintis bisnis madu.

Nibras mengungkapkan, Neebee didirikan tidak sekadar untuk kepentingan bisnis, tapi juga sebagai perwujudan niat mulia agar masyarakat secara mudah mendapatkan produk madu murni yang berkualitas tanpa khawatir tertipu.

"Madu sudah disebutkan di dalam Al Quran Surat An Nahl 69. Janji Allah akan hasil produksi lebah itu adalah obat dari segala penyakit, tapi malah banyak produk di pasaran hingga kelas produsen besar membuat ragu banyak orang," kata dia melansir laman UNS, Sabtu (1/1/2022).

Nibras menceritakan, Neebee sudah didirikan sejak tanggal 1 Oktober 2020.

Brand madunya berhasil berkembang sebab Nibras berhasil menggandeng sepasang suami-istri sebagai investor.

Saat ditanya mengenai bagaimana cara Nibras mendapatkan investor, ia mengatakan hal ini bermula saat dirinya menjalankan ibadah umrah ke Tanah Suci.

"Modal dapat dari investor, berkenalan dengan orang-orang baik yang bisa dipercaya. Ketemu waktu umroh dan kami sekamar, banyak ngobrol akhirnya klop. Di Malang ketemu lagi dan akhirnya akrab, habis itu baru cerita bisnis. Alhamdulillah ideku dilirik, akhirnya bisnisnya jalan," ucap Nibras.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.