Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Mahasiswa UNS Sukses Bisnis Madu, Ini Cara dan Tipsnya

Kompas.com - 01/01/2022, 11:23 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Berawal dari keresahan terhadap banyaknya produk madu murni palsu, mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta membuat brand madu murni sendiri bernama "Neebee".

Pendiri itu bernama Mochammad Nibraasuddiin Aley Z. Dia adalah mahasiswa program studi (Prodi) S1 Informatika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS.

Baca juga: 10 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2021-2022

Dari jualan madu, dia berhasil meraup keuntungan puluhan juta di tahun pertamanya.

Lalu bagaimana dia melakoni bisnisnya? Berikut pengalaman yang dijalankannya ketika merintis bisnis madu.

Nibras mengungkapkan, Neebee didirikan tidak sekadar untuk kepentingan bisnis, tapi juga sebagai perwujudan niat mulia agar masyarakat secara mudah mendapatkan produk madu murni yang berkualitas tanpa khawatir tertipu.

"Madu sudah disebutkan di dalam Al Quran Surat An Nahl 69. Janji Allah akan hasil produksi lebah itu adalah obat dari segala penyakit, tapi malah banyak produk di pasaran hingga kelas produsen besar membuat ragu banyak orang," kata dia melansir laman UNS, Sabtu (1/1/2022).

Nibras menceritakan, Neebee sudah didirikan sejak tanggal 1 Oktober 2020.

Brand madunya berhasil berkembang sebab Nibras berhasil menggandeng sepasang suami-istri sebagai investor.

Saat ditanya mengenai bagaimana cara Nibras mendapatkan investor, ia mengatakan hal ini bermula saat dirinya menjalankan ibadah umrah ke Tanah Suci.

"Modal dapat dari investor, berkenalan dengan orang-orang baik yang bisa dipercaya. Ketemu waktu umroh dan kami sekamar, banyak ngobrol akhirnya klop. Di Malang ketemu lagi dan akhirnya akrab, habis itu baru cerita bisnis. Alhamdulillah ideku dilirik, akhirnya bisnisnya jalan," ucap Nibras.

Dia mengaku, investor yang menyuntikkan modal untuk bisnis madunya juga membantu dalam pemilihan nama brand.

Baca juga: Tambah 1 Guru Besar, Rektor UNS: Kado di Akhir Tahun

Sebelum dipilih nama Neebee, investor sempat mengusulkan nama "Nibi". Nama ini diambil dari nama depan "Nibras" dan "bi" yang merupakan pelafalan dari "bee".

Tapi, seiring perjalanan waktu, dia merasa penamaan Neebee lebih cocok daripada Nibi. Dan, nama ini terus digunakan hingga sekarang.

"Berawal dari celetukan di mobil bersama investor. Awalnya, saya cerita tentang ketertarikan saya di dunia permaduan, karena banyaknya madu yang dipalsukan, sampai madu itu sendiri terdiskriminasi," ujarnya.

Awal mula bisnis madu

Setelah perbincanganya dengan investor, Nibras lantas melakukan riset pada tanggal 9 September 2020 dan mendatangi salah satu peternak lebah yang disebutnya sudah berpengalaman selama puluhan tahun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com