Kompas.com - 30/12/2021, 20:07 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memperoleh kado istimewa diakhir tahun 2021. Kado tersebut yaitu dikukuhkannya guru besar baru di Bidang Ilmu Manajemen Keuangan pada usia yang sangat muda yaitu 37 tahun.

Dia adalah Prof. Irwan Trinugroho yang merupakan guru besar ke-19 FEB dan ke-245 UNS.

Baca juga: Biaya Kemoterapi Mahal, Dosen Vokasi Undip Kembangkan Jahe Antikanker

Acara pengukuhan dilaksanakan secara hybrid yakni luring di Auditorium G. P. H. Haryo Mataram UNS serta daring melalui aplikasi Zoom Meeting dan disiarankan langsung di akun Youtube UNS.

Dalam sambutannya, Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho mengatakan bangga dengan penambahan guru besar ini.

"Kami patut berbangga karena di penghujung tahun 2021, UNS menerima kado istimewa berupa penambahan seorang guru besar. Setidaknya, penambahan guru besar ini menunjukkan komitmen dan kesungguhan UNS untuk terus menerus berusaha memenuhi jumlah ideal guru besarnya," ucap Jamal melansir laman UNS, Kamis (30/12/2021).

Dia berharap agar para guru besar di UNS memiliki beberapa kebiasaan yang memiliki dampak di lingkungan masyarakat.

Alangkah eloknya jika para guru besar UNS memiliki kebiasaan menggali kajian-kajian ilmu berbasis kearifan lokal, bukan hanya cenderung mengkaji fenomena berdasarkan teori-teori perspektif barat.

Baca juga: 10 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2021-2022

Terlepas dari semua itu, yang jelas menjadi profesor bukan soal pemenuhan syarat administrasi saja, melainkan produktivitas, kapasitas, wibawa, dan pengaruhnya bagi dunia profesi, dan lingkungan masyarakat.

Saat ini UNS memiliki 207 guru besar aktif dan yang memiliki Nomor Induk Dosen Khusus (NIDK), 1.855 dosen, 1.921 tenaga kependidikan, dan 44.000 mahasiswa.

Prof. Jamal mengatakan, seluruh komponen tersebut merupakan modal dan kekuatan yang dahsyat jika digerakkan untuk membangun masa depan UNS dan mewujudkan kemajuan peradaban bangsa Indonesia.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.