Kompas.com - 30/12/2021, 17:17 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Dosen Vokasi Universitas Dipoengoro (Undip), Mohamad Endy Yulianto terus berkarya dan meneliti. Kini sudah ada 22 paten yang dihasilkannya hingga akhir 2021.

Penelitian terbaru yang tengah ditekuni bersama timnya adalah mengembangkan nano shogaol jahe sebagai ramuan antikanker.

Baca juga: 10 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2021-2022

Hak kekayaan intelekrtual yang dimiliki peraih penghargaan Dosen Pemilik Paten Granted Tahun 2021 Terbanyak di Undip ini terdiri dari 3 hak kekayaan intelektualnya berstatus paten biasa, 18 paten sederhana dan 1 hak cipta.

Adapun bidang kajian dan inovasi yang dihasilkan lulusan Teknik Kimia Undip tahun 1998 dan Magister Teknik Kimia ITB tahun 2003 adalah bidang proses kimia sesuai dengan pendidikannya.

Debut pertama karya inovasinya di 2015, yakni super teh hijau kompetitif melalui proses inaktivasi enzimatis dengan menggunakan Mechanically Dispersed-Rotary Steamer mendapatkan Paten Sederhana dengan nomer registrasi No. ES09201500066.

Tahun berikutnya setidaknya satu paten berhaisl diraihnya, dan di tahun 2020 sosok yang akrab dipanggil Endy ini berhasil meraih 9 paten.

Tahun 2021, sebanyak 7 paten lagi berhasil diraihnya.

Kini, bersama tim dia tengah mengembangkan penelitian yang berfokus pada penanganan penyakit kanker.

Kajian yang diberi tema "Pengembangan Produk Nano Shogaol Jahe sebagai Antikanker melalui Teknik Fotoekstraksi-UV dengan Air Subkritis", didorong keprihatinannya atas mahalnya biaya kemoterapi yang harus ditanggung penderita kanker di Indonesia.

Baca juga: Januari 2022 Sekolah Wajib Tatap Muka Terbatas, Ini Rincian Aturannya

Selain mahal, bahan baku yang dipakai pada proses penanganan pasien kanker 90 persen masih harus diimpor.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.