Kompas.com - 09/12/2021, 09:07 WIB
Ilustrasi mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi mahasiswa

KOMPAS.com - Masih bingung menentukan universitas dan jurusan kuliah padahal seleksi mahasiswa baru segera dimulai pada Februari 2022? Agar persiapanmu semakin matang, kamu bisa mulai meriset atau mencari tahu jurusan dan kampus yang cocok untukmu.

Ada tiga jalur seleksi mahasiswa baru yang dibuka setiap tahun. Pertama, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), lalu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan seleksi mandiri di masing-masing kampus.

Namun, dari tiga seleksi ini, jalur SBMPTN selalu ramai diserbu calon mahasiswa baru karena kuotanya yang besar. Dengan perbandingan SNMPTN kuota minimum 20 persen, SBMPTN kuota minimum 40 persen, seleksi mandiri kuota maksimum 30 persen.

Dilansir dari laman Brain Academy, ada 10 kampus yang banyak diminati calon mahasiswa baru. Apa saja?

Baca juga: Kuliah Gratis, Ini 11 Prodi S1 Militer Universitas Pertahanan dan Syarat

1. Universitas Gadjah Mada

UGM menempati peringkat pertama kampus negeri yang paling banyak diminati pada UTBK-SBMPTN. Tercatat ada 62.507 peserta yang mendaftar ke kampus ini. Program studi Saintek favorit UGM yaitu Kedokteran dengan jumlah pendaftar sebanyak 3.565 siswa. Lalu program studi Soshum paling diminati yaitu Psikologi dengan 3.655 pendaftar.

2. Universitas Brawijaya

Di posisi kedua, ada Universitas Brawijaya yang memiliki peminat sebanyak 61.743 peserta. Sama seperti UGM, jurusan favorit UB Malang yakni Kedokteran dengan jumlah pendaftar sebanyak 2.847.

Sedangkan jurusan Soshum favorit di UB jatuh pada prodi Hukum yang dipilih oleh 2.992 peserta. Namun nggak perlu khawatir, kamu bisa masuk UB lewat jalur lain, misalnya Selma UB.

Baca juga: Lulusan Jadi CPNS, Ini 9 Prodi PKN STAN dan Syarat Nilai

3. Universitas Padjadjaran

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.