Growth Center
Powered by Kompas Gramedia

Sebagai bagian dari KOMPAS GRAMEDIA, Growth Center adalah ekosistem solusi yang memfasilitasi pertumbuhan organisasi dan individu untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka. Growth Center hadir untuk menjadi teman bertumbuh dalam mempercepat pertumbuhan dan transformasi melalui solusi sumber daya manusia berbasis teknologi yang teruji secara saintifik berdampak.

Kami meningkatkan pertumbuhan para individu melalui proses siklus yang berkelanjutan dari menemukan jati diri (discovery) hingga menyediakan pengembangan (development) yang diperlukan. Semua ini hadir dalam produk kami, Kognisi Discovery dan Kognisi Development untuk memfasilitasi individu untuk mengenal dirinya sendiri dan berkembang sesuai dengan keunikan (idiosyncrasy) mereka.

Silakan kunjungi situs kami www.growthcenter.id dan info kolaborasi lebih lanjut bisa kirim surel ke info@growthcenter.id.

 

Serba-serbi Data dan Karakteristiknya

Kompas.com - 08/12/2021, 15:44 WIB
Serba-Serbi Data dan Karakteristiknya Jihan Aulia ZahraSerba-Serbi Data dan Karakteristiknya

KOMPAS.com - Kata "data" sudah tidak asing lagi di telinga kita. Bagi perusahaan atau organisasi, data merupakan hal penting dalam menetapkan suatu kebijakan dan keputusan.
Namun, apa sebenarnya data itu, dan mengapa data adalah bagian vital dalam menjalankan suatu organisasi?

Artikel pertama dari Data-Driven, Solusi Pertumbuhan Organisasi Masa Kini serial mengenai data akan mengulas hal-hal tersebut.

Singkatnya, data merupakan kumpulan fakta yang berupa angka, simbol, ataupun tulisan yang diperoleh lewat pengamatan terhadap objek.

Suatu data dapat dikatakan baik apabila dapat dipercaya kebenarannya, akurat, tepat waktu, dan mencakup ruang lingkup yang luas sehingga dapat menjadi faktor terbentuknya suatu keputusan.

Dengan data, perusahaan atau organisasi bisa mendapatkan informasi, seperti besar penghasilan yang telah diterima, atau pencapaian yang telah diraih organisasi saat ini, hingga membantu organisasi untuk terus meningkatkan performa kegiatan bisnis yang dijalankan.

Salah satu penggunaan dari data adalah untuk melakukan pekerjaan dan pengambilan keputusan berdasarkan data yang ada (selanjutnya disebut data driven).

Untuk membangun komitmen kuat bagi memanfaatkan data sebagai wawasan yang mengarah pada tindakan pada organisasi, data driven mempunyai peran penting di dalamnya.

Maka, data driven organization adalah organisasi yang menjadikan data dan analitik sebagai bagian dari bisnis perusahaan, mulai dari strategi, operasional, sistem, proses, hingga budaya.

Data driven pada organisasi sangat bergantung pada penggunaan informasi untuk mendorong aktivitas organisasi.

Baca juga: Sumber-sumber Big Data

Pertama-tama, data dikumpulkan dari setiap aspek yang terlibat dari demografi hingga metrik luas pasar dan interaksi individu, dan kemudian dianalisis untuk menentukan penentu keberhasilan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.