Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Growth Center
Powered by Kompas Gramedia

Sebagai bagian dari KOMPAS GRAMEDIA, Growth Center adalah ekosistem solusi yang memfasilitasi pertumbuhan organisasi dan individu untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka. Growth Center hadir untuk menjadi teman bertumbuh dalam mempercepat pertumbuhan dan transformasi melalui solusi sumber daya manusia berbasis teknologi yang teruji secara saintifik berdampak.

Kami meningkatkan pertumbuhan para individu melalui proses siklus yang berkelanjutan dari menemukan jati diri (discovery) hingga menyediakan pengembangan (development) yang diperlukan. Semua ini hadir dalam produk kami, Kognisi Discovery dan Kognisi Development untuk memfasilitasi individu untuk mengenal dirinya sendiri dan berkembang sesuai dengan keunikan (idiosyncrasy) mereka.

Silakan kunjungi situs kami www.growthcenter.id dan info kolaborasi lebih lanjut bisa kirim surel ke info@growthcenter.id.

 

Serba-serbi Data dan Karakteristiknya

Kompas.com - 08/12/2021, 15:44 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KOMPAS.com - Kata "data" sudah tidak asing lagi di telinga kita. Bagi perusahaan atau organisasi, data merupakan hal penting dalam menetapkan suatu kebijakan dan keputusan.
Namun, apa sebenarnya data itu, dan mengapa data adalah bagian vital dalam menjalankan suatu organisasi?

Artikel pertama dari Data-Driven, Solusi Pertumbuhan Organisasi Masa Kini serial mengenai data akan mengulas hal-hal tersebut.

Singkatnya, data merupakan kumpulan fakta yang berupa angka, simbol, ataupun tulisan yang diperoleh lewat pengamatan terhadap objek.

Suatu data dapat dikatakan baik apabila dapat dipercaya kebenarannya, akurat, tepat waktu, dan mencakup ruang lingkup yang luas sehingga dapat menjadi faktor terbentuknya suatu keputusan.

Dengan data, perusahaan atau organisasi bisa mendapatkan informasi, seperti besar penghasilan yang telah diterima, atau pencapaian yang telah diraih organisasi saat ini, hingga membantu organisasi untuk terus meningkatkan performa kegiatan bisnis yang dijalankan.

Salah satu penggunaan dari data adalah untuk melakukan pekerjaan dan pengambilan keputusan berdasarkan data yang ada (selanjutnya disebut data driven).

Untuk membangun komitmen kuat bagi memanfaatkan data sebagai wawasan yang mengarah pada tindakan pada organisasi, data driven mempunyai peran penting di dalamnya.

Maka, data driven organization adalah organisasi yang menjadikan data dan analitik sebagai bagian dari bisnis perusahaan, mulai dari strategi, operasional, sistem, proses, hingga budaya.

Data driven pada organisasi sangat bergantung pada penggunaan informasi untuk mendorong aktivitas organisasi.

Baca juga: Sumber-sumber Big Data

Pertama-tama, data dikumpulkan dari setiap aspek yang terlibat dari demografi hingga metrik luas pasar dan interaksi individu, dan kemudian dianalisis untuk menentukan penentu keberhasilan.

Penentu inilah yang kemudian membantu memutuskan di mana dan bagaimana memfokuskan kinerja dari organisasi, bagaimana organisasi bertumbuh dan berkembang, bagaimana dan apa keputusan yang akan diambil organisasi, serta bagaimana organisasi dapat dikelola.

Ada beberapa keuntungan dalam penerapan dan implementasi data driven organization, yaitu:

  • Meningkatkan probabilitas efektivitas pengambilan keputusan
  • Meningkatkan efisiensi operasional
  • Memperlakukan data sebagai aset untuk menghasilkan keuntungan atau pengembangan bisnis

Kemudian, dalam pengolahan data, dikenal sebutan laporan (reporting) dan analisis (analyzing). Pelaporan merupakan proses pengorganisasian data ke dalam rangkuman informasi untuk memantau bagaimana kondisi berbagai area bisnis sedang bekerja.

Laporan berguna untuk memberi tahu apa yang terjadi di masa lalu dan menyediakan dasar untuk mengamati apabila ada perubahan dan tren terbaru. Bila dapat tanggap dengan perubahan dan tren, tentunya akan mudah menarik investor.

Sedangkan analisis merupakan kegiatan mengubah aset data menjadi wawasan kompetitif yang akan mendorong keputusan dan tindakan bisnis menggunakan orang, proses, dan teknologi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com