Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2021, 09:57 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Bagi kamu calon mahasiswa, melanjutkan pendidikan tinggi di Sekolah Kedinasan atau Perguruan Tinggi kedinasan bisa menjadi pertimbangan.

Ada sejumlah alasan mengapa Sekolah Kedinasan memiliki keketatan masuk yang sama dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN), yakni adanya ikatan dinas dan biaya pendidikan yang disubsidi negara.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam Portal SSCASN Sekolah Kedinasan 2021 menjelaskan bahwa sekolah kedinasan merupakan kumpulan perguruan tinggi negeri yang memiliki ikatan dinas dengan berbagai lembaga pemerintahan sebagai penyelenggara pendidikan.

Salah satu sekolah kedinasan dengan peminat terbanyak setiap tahun ialah PKN STAN. PKN STAN merupakan transformasi dari sekolah kedinasan yang cukup dikenal yaitu Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).

Baca juga: Kuliah Gratis, Ini 11 Prodi S1 Militer Universitas Pertahanan dan Syarat

PKN STAN merupakan perguruan tinggi di bawah Kementerian Keuangan yang menyelenggarakan Program Pendidikan Vokasi di Bidang Keuangan Negara.

Sebagai gambaran bagi calon mahasiswa, berikut 9 prodi yang ditawarkan PKN STAN di tahun 2021 dan sejumlah syarat bagi calon mahasiswa pada penerimaan tahun 2021 lalu. Untuk perkembangan informasi, calon mahasiswa dapat melihat langsung melalui laman resmi pknstan.ac.id.

Program studi PKN STAN

Melansir laman resmi, PKN STAN memiliki 9 Prodi sebagai berikut:

  1. Diploma IV Akuntansi Sektor Publik
  2. Diploma IV Manajemen Keuangan Negara
  3. Diploma IV Manajemen Aset Publik
  4. Diploma III Akuntansi
  5. Diploma III Pajak
  6. Diploma III PBB/Penilai
  7. Diploma III Kepabeanan dan Cukai
  8. Diploma III Kebendaharaan Negara
  9. Diploma III Manajemen Aset

Baca juga: Kuliah Gratis dan Jadi ASN, Ini 13 Prodi IPDN dan Syarat

Lulusan Prodi D4 dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga lainnya atau Pemerintah Daerah sesuai dengan formasi/kebutuhan yang tersedia pada tahun yang bersangkutan.

Berikut persyaratan pendaftaran STAN

Mengacu pada pendaftaran penerimaan mahasiswa 2021, di tengah pandemi PKN STAN menggunakan nilai rapot dan UTBK sebagai syarat masuk. berikut syarat peserta dan nilai pada penerimaan mahasiswa tahun lalu:

1. Persyaratan lulusan

  • Program Reguler: lulusan tahun akademik berjalan dan tahun sebelumnya atau calon lulusan tahun berjalan semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat; atau
  • Program Afirmasi: calon lulusan tahun berjalan semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat.

2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan)

  • Bagi peserta Lulusan tahun 2020 dan sebelumnya, memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau
  • Calon lulusan tahun 2021, memiliki rata-rata nilai rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 (lima) semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00, dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.

Baca juga: 20 PTN Penerima Calon Mahasiswa Terbanyak di SNMPTN 2021

3. Usia maksimal pada tanggal 1 September (tahun penerimaan) adalah 21 tahun, dalam pengertian calon peserta yang lahir sebelum tanggal yang ditetapkan tidak diperkenankan untuk mendaftar. Usia minimal pada tanggal 1 September (tahun penerimaan) adalah 15 tahun.

4. Telah terdaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) di tahun penerimaan.

5. Memiliki nilai minimal Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK sebesar 600 untuk peserta program reguler atau 400 untuk peserta program afirmasi (syarat nilai tahun 2021).

6. Sehat jasmani dan rohani serta bebas dari ketergantungan napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com