Kompas.com - 07/12/2021, 09:57 WIB
Ilustrasi Sekolah Kedinasan, Ilustrasi PKN STAN DOK. PKN STANIlustrasi Sekolah Kedinasan, Ilustrasi PKN STAN

KOMPAS.com - Bagi kamu calon mahasiswa, melanjutkan pendidikan tinggi di Sekolah Kedinasan atau Perguruan Tinggi kedinasan bisa menjadi pertimbangan.

Ada sejumlah alasan mengapa Sekolah Kedinasan memiliki keketatan masuk yang sama dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN), yakni adanya ikatan dinas dan biaya pendidikan yang disubsidi negara.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam Portal SSCASN Sekolah Kedinasan 2021 menjelaskan bahwa sekolah kedinasan merupakan kumpulan perguruan tinggi negeri yang memiliki ikatan dinas dengan berbagai lembaga pemerintahan sebagai penyelenggara pendidikan.

Salah satu sekolah kedinasan dengan peminat terbanyak setiap tahun ialah PKN STAN. PKN STAN merupakan transformasi dari sekolah kedinasan yang cukup dikenal yaitu Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).

Baca juga: Kuliah Gratis, Ini 11 Prodi S1 Militer Universitas Pertahanan dan Syarat

PKN STAN merupakan perguruan tinggi di bawah Kementerian Keuangan yang menyelenggarakan Program Pendidikan Vokasi di Bidang Keuangan Negara.

Sebagai gambaran bagi calon mahasiswa, berikut 9 prodi yang ditawarkan PKN STAN di tahun 2021 dan sejumlah syarat bagi calon mahasiswa pada penerimaan tahun 2021 lalu. Untuk perkembangan informasi, calon mahasiswa dapat melihat langsung melalui laman resmi pknstan.ac.id.

Program studi PKN STAN

Melansir laman resmi, PKN STAN memiliki 9 Prodi sebagai berikut:

  1. Diploma IV Akuntansi Sektor Publik
  2. Diploma IV Manajemen Keuangan Negara
  3. Diploma IV Manajemen Aset Publik
  4. Diploma III Akuntansi
  5. Diploma III Pajak
  6. Diploma III PBB/Penilai
  7. Diploma III Kepabeanan dan Cukai
  8. Diploma III Kebendaharaan Negara
  9. Diploma III Manajemen Aset

Baca juga: Kuliah Gratis dan Jadi ASN, Ini 13 Prodi IPDN dan Syarat

Lulusan Prodi D4 dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga lainnya atau Pemerintah Daerah sesuai dengan formasi/kebutuhan yang tersedia pada tahun yang bersangkutan.

Berikut persyaratan pendaftaran STAN

Mengacu pada pendaftaran penerimaan mahasiswa 2021, di tengah pandemi PKN STAN menggunakan nilai rapot dan UTBK sebagai syarat masuk. berikut syarat peserta dan nilai pada penerimaan mahasiswa tahun lalu:

1. Persyaratan lulusan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.