Kompas.com - 08/12/2021, 11:36 WIB
Institut Teknologi Bandung (ITB) Dok. ITBInstitut Teknologi Bandung (ITB)
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kampus Insitut Teknologi Bandung (ITB) di Cirebon mulai mempersiapkan perkualiahan.

Rencananya, kampus ini mulai membuka perkuliahan pada Semester II 2021/2022 yang dimulai pada 17 Januari 2022.

Baca juga: Pasca Erupsi Gunung Semeru, Pakar ITB Ungkap Bahaya Hirup Abu Vulkanik

Saat ini, proses perkuliahan mahasiswa ITB Kampus Cirebon dilaksanakan di ITB Kampus Jatinangor.

Sejauh ini terdapat 7 (tujuh) prodi ITB Kampus Cirebon.

Namun, untuk tahap awal proses perpindahan dan pelaksanaan kegiatan akademik Semester II 2021/2022 baru akan dilaksanakan untuk mahasiswa Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Industri, dan Kriya.

"Proses pemindahan perkuliahan di ITB Kampus Cirebon secara bertahap, mulai dari persiapan layanan dan rencana akademik, pemindahan pegawai, uji coba perkuliahan hyibrid multi kampus, hingga hari pertama perkuliahan," ucap Ketua Tim Pengelola Penyelenggaraan Program ITB kampus Cirebon, Iwan Kustiwan melansir laman ITB, Rabu (8/12/021).

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB, Prof. Jaka Sembiring menekankan, ITB pada saat ini telah memiliki kampus Ganesha, Jatinangor, Cirebon yang merupakan kampus setara dalam pelayanan akademik dan kemahasiswaan.

Seluruh sivitas ITB, baik dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa harus memiliki pemahaman yang sama, yaitu kesetaraan layanan di seluruh kampus.

Baca juga: Jerome Polin: Jam Masuk Sekolah di Indonesia Terlalu Pagi

ITB, kata dia, dalam mengembangkan metoda pembelajaran 4.0 akan menggunakan kampus Cirebon sebagai pusat inisiasi, sebagai program percepatan pengembangan kampus termuda.

"Sistem pembelajaran hybrid dan multi kampus di kampus ITB Cirebon akan mendapatkan perhatian khusus dan diharapkan menjadi model bagi kampus Ganesha dan Jatinangor," jelas dia.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.