Kompas.com - 30/11/2021, 09:30 WIB
Wali Kota Solo saat memberikan sambutan acara talk show Mangkunegara VI. DOK. Youtube Penerbit KompasWali Kota Solo saat memberikan sambutan acara talk show Mangkunegara VI.

KOMPAS.com - Sosok Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara VI ternyata bukan sembarang raja tanah Jawa. KGPAA Mangkunegara VI, dikenal sebagai sosok raja yang mampu mengatasi krisis ekonomi dan paham urusan kesetaraan gender di masa pendudukan Belanda. 

Urusan ekonomi, kala itu hutang kepada Belanda  sempat menciutkan ekonomi. Namun Mangkunegara VI sanggup melunasi hutang kepada Belanda. Langkah ini, disebut Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka sama dengan situasi pandemi Covid-19 yang kini melanda seluruh dunia.

"Keberhasilannya saat memulihkan keuangan dan ekonomi dengan prinsip manajemen Jawa, bisa membuat reformasi keuangan. Hal ini yang menginspirasi dan bisa memulihkan ekonomi pasca Covid-19," ujarnya, saat membuka Peluncuran Buku "Mangkunegoro VI Sang Reformis: Sebuah Biografi" dan Talk Show The Game Changer Ala Mangkunegoro VI, Minggu (28/11/2021). 

Baca juga: Sudah Ada sejak Zaman Hindu Buddha, Ini Sejarah Jamu Gendong

Pasca Covid-19, yang ditandai dengan angka penurunan kasus membuat Gibran optimis semua elemen masyarakat bisa meningkatkan ekonomi yang sempat terpuruk. "Maka dari itu, kita harus bangkit, dan bisa melihat atau mencontoh KGPAA Mangkunegara VI," jelasnya.

Lalu, seperti apa sosok KGPAA Mangkunegara VI sebetulnya? Di buku Mangkunegara VI Sang Reformis yang diluncurkan sang raja tidak cuma berhasil mengatasi krisis ekonomi. 

Sang raja berani melepas tahta dan langkah  ini pertama kali terjadi di dalam sejarah Pura Mangkunegara yang dilatarbelakangi oleh keinginan sendiri.

Wakil Pemred Kompas, Tri Agung Kristanto mengatakan KGPAA Mangkuengara VI mengajarkan bahwa kekuasaan bukan suatu yang utama bagi seorang pemimpin.

"Keutuhan negara dan majunya sebuah negara dengan rakyat yang tentram adalah sebuah keutamaan yang harus diperjuangkan oleh pemimpin," ujarnya. 

Sebagai sosok yang bergelut dengan sejarah, ia mengatakan buku ini termasuk buku yang perlu dimiliki para penikmat sejarah. 

Baca juga: 5 Negara dengan Populasi Terbanyak di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

"Dengan lengkapnya Informasi Mangkunegara VI, bisa menambah cerita sendiri jika ada raja di Jawa yang punya sikap berbeda dengan raja lainnya," tambahnya. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.