Kompas.com - 28/11/2021, 17:36 WIB
Dita Ardwiyanti dari Prodi Magister Pendidikan Sains berhasil lulus dengan meraih IPK 4. DOK.Laman UNYDita Ardwiyanti dari Prodi Magister Pendidikan Sains berhasil lulus dengan meraih IPK 4.
|

KOMPAS.com - Salah satu mahasiswa program magister Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Dita Ardwiyanti dari Prodi Magister Pendidikan Sains berhasil lulus dengan meraih IPK 4,00.

Dita menjadi salah satu wisudawan terbaik prodi pada Wisuda UNY Periode November yang dihelat pada, Sabtu (27/11/2021) secara daring. Pada wisuda tersebut, UNY meluluskan sebanyak 1.490 orang.

Melansir laman UNY, Minggu (28/11/2021), Dita merupakan awardee BPI LPDP Republik Indonesia. Ternyata, sejak masih menempuh S1 pada Prodi Pendidikan IPA FMIPA UNY 2013-2017, Dita sudah mendapatkan beasiswa Bidikmisi Kemendikbud.

Baca juga: Keren! Mobil Hemat Energi UNY Tembus 498,75 km/liter, Pecahkan Rekor Asia Pasifik

Bahkan dia juga pernah meraih indeks prestasi sempurna 4,00 (IPK 4). Ternyata, kunci suksesnya ialah adanya kemauan untuk terus belajar.

Berusaha disiplin diri

Menurutnya proses belajar jenjang magister ternyata jauh berbeda dengan jenjang sarjana. "Saat sarjana, dosen masih memberikan ‘rel’ bagi kami untuk mengembangkan diri. Namun pada jenjang magister, kami benar-benar dituntut untuk menjadi pemikir bebas yang independen, namun bertanggung jawab," katanya.

Selain itu, kapabilitas meramu pengetahuan dari berbagai sumber ilmu secara mandiri mutlak diperlukan. Oleh sebab itu mulai dari semester 1 Dita mendisiplinkan diri untuk membaca hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal nasional dan internasional setiap harinya.

Kemudian artikel tersebut diringkas dengan bahasa sendiri dan dituliskan dalam buku khusus. Ternyata strategi belajar yang demikian sangat membantunya dalam perkuliahan.

Khususnya dalam meniti jalan untuk publikasi melalui jurnal dan seminar karena publikasi adalah tuntutan primer mahasiswa magister.

Baca juga: Di Kuliah Umum UNY, GKR Hayu: Seperti Ini Prinsip Orang Jawa

Dengan taktik tersebut Dita sudah mengikuti dan menerbitkan artikelnya pada 2 seminar nasional, 3 seminar internasional, dan 1 jurnal nasional terakreditasi Sinta 2.

Untuk meraih gelar magister, menurutnya harus memiliki bekal yang cukup yaitu kemauan untuk terus belajar. Setiap orang bisa dengan mudah melanjutkan studi ke jenjang magister, tapi tidak semuanya mampu menghayati ‘semangat belajar sepanjang hayat’.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.