Kompas.com - 28/11/2021, 17:30 WIB
Tim dosen Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan (SAP) Institut Teknologi Sumatera (Iitera) Lampung membuat media pembelajaran khusus. Tangkap layar laman IteraTim dosen Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan (SAP) Institut Teknologi Sumatera (Iitera) Lampung membuat media pembelajaran khusus.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Astronomi merupakan salah satu bidang ilmu yang mempelajari benda-benda langit. Bagi siswa normal, pengamatan benda langit bisa dilakukan dengan teleskop.

Mereka bisa dengan mudah mengamati benda langit seperti bulan atau planet terdekat dengan bumi.

Namun pengamatan benda langit ini menjadi hal yang sulit dilakukan bagi siswa disabilitas terutama siswa penyandang tunanetra.

Untuk memfasilitasi agar siswa tunanetra tetap bisa belajar tentang astronomi, tim dosen Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan (SAP) Institut Teknologi Sumatera (Itera) Lampung membuat media pembelajaran khusus.

Baca juga: Perusahaan Tambang Ini Buka Lowongan Kerja bagi D4/S1-S2, Yuk Daftar

Media pembelajaran bagi siswa tunanetra

Media pembelajaran yang dibuat oleh tim dosen Itera antara lain:

1. Miniatur berbentuk jenis-jenis obyek tata surya

2. Jenis awan

3. Tornado yang dicetak dengan menggunakan printer tiga dimensi dengan bahan dasar poli laktida (PLA) atau sejenis bahan plastik.

Selain membuat alat peraga pembelajaran, tim dosen Itera yang diketuai Achmad Zainur Rozzykin juga membuat modul khusus pembelajaran astronomi.

"Modul ini dicetak dengan menggunakan huruf braile, yang memudahkan siswa tunanetra membaca," ujar Achmad seperti dikutip dari laman Itera, Minggu (28/11/2021).

Baca juga: Mahasiswa UII Manfaatkan Kulit Manggis Jadi Alat Pendeteksi Logam

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.