Kompas.com - 28/11/2021, 12:04 WIB
Ilustrasi Pramuka Siaga wikipedia.org/commons/PnyopoenyaIlustrasi Pramuka Siaga
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Selama siswa mengenyam pendidikan, tidak hanya menambah pengetahuan siswa melalui pelajaran yang disampaikan guru.

Namun juga membangun karakter para siswa agar menjadi pribadi yang baik dan generasi penerus bangsa yang tangguh. Membangun karakter ini tidak hanya menjadi tugas sekolah tetapi juga orangtua dan lingkungan sekitar.

Selain itu, kegiatan lain di luar kegiatan belajar mengajar (KBM) juga bisa membangun karakter para siswa. Salah satunya kegiatan Pramuka yang wajib diikuti para siswa dari jenjang SD hingga SMA.

Salah satu karakter yang penting dimiliki para siswa yakni jiwa kepemimpinan. Nilai ini tentu sangat bermanfaat bagi masa depan siswa terlebih saat memasuki dunia kerja kelak.

Baca juga: Mahasiswa UII Manfaatkan Kulit Manggis Jadi Alat Pendeteksi Logam

Bangun jiwa kepemimpinan melalui kegiatan Pramuka

Merangkum dari laman Direktorat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang memberikan pengetahuan dan praktik kepemimpinan adalah kegiatan pendidikan kepramukaan.

Pendidikan Pramuka berperan dalam proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan.

Direktur SMP Kemendikbud Ristek Mulyatsyah menjelaskan, seorang pemimpin harus dapat membawa perubahan melalui gagasan dan karya. Kepramukaan menjadi salah satu kegiatan yang melahirkan sosok pemimpin-pemimpin baru.

Baca juga: 6 PTN Ini Buka Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Ketua Osis

Menurut Mulyatsyah, pemimpin tidak lahir tiba-tiba dan tidak mudah untuk melahirkan pemimpin. Maka salah satu tugas pemimpin adalah melahir­kan pemimpin.

"Sosok yang selalu memiliki mimpi mengubah sesuatu melalui gagasan dan karya. Ada banyak cara untuk mewujud­kan kelahiran sosok pemimpin itu, salah satunya melalui aktivitas kepramukaan," kata Mulyatsyah seperti dikutip dari laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Minggu (28/11/2021).

Manfaat kegiatan Pramuka bagi siswa

Kegiatan Pramuka berperan sebagai wadah kaderisasi dalam membentuk sosok pemimpin ideal yang memiliki kepribadian baik, berjiwa patriot, dan menjunjung nilai-nilai luhur bangsa.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.