Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Karakter Kepemimpinan Siswa Melalui Kegiatan Pramuka Penggalang

Kompas.com - 28/11/2021, 12:04 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama siswa mengenyam pendidikan, tidak hanya menambah pengetahuan siswa melalui pelajaran yang disampaikan guru.

Namun juga membangun karakter para siswa agar menjadi pribadi yang baik dan generasi penerus bangsa yang tangguh. Membangun karakter ini tidak hanya menjadi tugas sekolah tetapi juga orangtua dan lingkungan sekitar.

Selain itu, kegiatan lain di luar kegiatan belajar mengajar (KBM) juga bisa membangun karakter para siswa. Salah satunya kegiatan Pramuka yang wajib diikuti para siswa dari jenjang SD hingga SMA.

Salah satu karakter yang penting dimiliki para siswa yakni jiwa kepemimpinan. Nilai ini tentu sangat bermanfaat bagi masa depan siswa terlebih saat memasuki dunia kerja kelak.

Baca juga: Mahasiswa UII Manfaatkan Kulit Manggis Jadi Alat Pendeteksi Logam

Bangun jiwa kepemimpinan melalui kegiatan Pramuka

Merangkum dari laman Direktorat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang memberikan pengetahuan dan praktik kepemimpinan adalah kegiatan pendidikan kepramukaan.

Pendidikan Pramuka berperan dalam proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan.

Direktur SMP Kemendikbud Ristek Mulyatsyah menjelaskan, seorang pemimpin harus dapat membawa perubahan melalui gagasan dan karya. Kepramukaan menjadi salah satu kegiatan yang melahirkan sosok pemimpin-pemimpin baru.

Baca juga: 6 PTN Ini Buka Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Ketua Osis

Menurut Mulyatsyah, pemimpin tidak lahir tiba-tiba dan tidak mudah untuk melahirkan pemimpin. Maka salah satu tugas pemimpin adalah melahir­kan pemimpin.

"Sosok yang selalu memiliki mimpi mengubah sesuatu melalui gagasan dan karya. Ada banyak cara untuk mewujud­kan kelahiran sosok pemimpin itu, salah satunya melalui aktivitas kepramukaan," kata Mulyatsyah seperti dikutip dari laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Minggu (28/11/2021).

Manfaat kegiatan Pramuka bagi siswa

Kegiatan Pramuka berperan sebagai wadah kaderisasi dalam membentuk sosok pemimpin ideal yang memiliki kepribadian baik, berjiwa patriot, dan menjunjung nilai-nilai luhur bangsa.

Selain itu kegiatan Pramuka merupakan salah satu wadah kaderisasi yang baik, berjenjang, dan terarah dalam melahirkan pemimpin yang ideal.

Baca juga: Dosen Unpad: Ini Dampak Buruk Kebiasaan Bernapas Lewat Mulut pada Anak

Pada usia 11-15 tahun atau setara masa SMP dikenal dengan Pramuka Penggalang. Istilah ini tidak lepas dari upaya penggalangan (pemersatuan) segala potensi yang dimiliki kader di masa remaja.

Sehingga dia mampu mengetahui kemampuannya dan menggunakan kemampuannya untuk mewujudkan tujuan Pramuka. Tujuan kegiatan Pramuka antara lain:

  • Membentuk kader yang memiliki kepribadian yang beriman
  • Bertakwa
  • Berakhlak mulia
  • Berjiwa patriotik
  • Taat hukum
  • Disiplin
  • Menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa
  • Memiliki kecakapan hidup.

Sementara itu Koordinator Bidang Peserta Didik Direktorat SMP Maulani Mega Hapsari menambahkan, tujuan dari diadakan kegiatan Pramuka Penggalang dengan tema 'Galang Peduli, Lindungi Diri, Berbakti untuk Negeri' yang diadakan pada bulan November 2021 ini adalah untuk mendorong para peserta didik berperan aktif di kegiatan kepramukaan di sekolahnya.

Selain itu juga membentuk manusia yang berbudi pekerti dan berakhlak mulia.

Baca juga: Perusahaan Tambang Ini Buka Lowongan Kerja bagi D4/S1-S2, Yuk Daftar

Pramuka penggalang jadi esktrakurikuler wajib

Maulani Mega menambahkan, kegiatan Pramuka Penggalang bertujuan untuk menggerakan peserta didik untuk aktif dan berperan serta di kegiatan Pramuka Penggalang sebagai Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan (EWPK) di satuan pendidikan jenjang SMP.

"Kegiatan ini diharapkan juga kegiatan ini bisa membentuk budi pekerti peserta didik menjadi manusia berakhlak mulia, suka menolong, sopan, dan santun," tandas Mega.

Setelah mengikuti acara Pramuka Penggalang ini diharapkan para peserta bisa lebih peduli dan aktif terlibat dalam kegiatan kepramukaan di lingkungan sekolahnya masing-masing.

Baca juga: Program Studi Animasi: Ini Mata Kuliah, Kampus, hingga Prospek Kerjanya

Diharapkan juga kegiatan ini dapat membentuk kepribadian peserta didik seperti menumbuhkan jiwa kepemimpinan, siap menggalang peduli kepada sesama dan berbakti untuk negeri dan bangsa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com