Kompas.com - 28/11/2021, 11:36 WIB
Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto dalam acara Taklimat Media Awal Tahun 2021. Webinar KemendikbudDirektur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto dalam acara Taklimat Media Awal Tahun 2021.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Pria itu adalah Wikan Sakarinto yang diamanatkan pemerintah untuk menjadi Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek sejak 8 Mei 2020.

Sebelum menjabat jadi orang nomor wahid di Ditjen Pendidikan Vokasi, Wikan merupakan Dekan di Program Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM).

Baca juga: Tingkatkan SDM Vokasi, Kemendikbud Ristek Pererat Kemitraan DUDI

Di UGM, pria kelahiran 1975 ini menjadi dosen teknik permesinan. Kurang lebih 19 tahun, Wikan mengabdikan perjalanan hidupnya di UGM, tepatnya sejak 2001-2020.

Sebelum di UGM, dia sempat bekerja menjadi Manajer Produksi di PT Dipta Kriya selama dua tahun, yakni di tahun 1998-2000.

Ditjen Pendidikan Vokasi membawahi 6 unit di Kemendikbud Ristek, yakni Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan, dan Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi.

Kemudian ada Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, dan Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi.

Sebagai orang nomor satu di Ditjen Pendidikan Vokasi, dia mengaku lulusan vokasi harus membutuhkan soft skill. Karena, hal itu yang paling dibutuhkan di dunia industri.

Selain soft skill, dunia industri juga membutuhkan karakter atau attitude dari lulusan pendidikan vokasi.

Sedangkan hard skill, tidak terlalu diutamakan. Pasalnya, hard skill akan tumbuh sepanjang masa seiring teknologi yang terus berkembang.

"Yang menjadi catatan, bagaimana menciptakan soft skill ke anak-anak pendidikan vokasi. Soft skill diciptakan dengan terpadu pada proses pembelajaran. Tidak ada mata kuliah soft skill tetapi melalui proyek based learning sejak semester 1," ucap Wikan kepada Kompas.com, Selasa (23/11/2021).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.