Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dosen Itera Ciptakan Media Pembelajaran Astronomi bagi Siswa Tunanetra

KOMPAS.com - Astronomi merupakan salah satu bidang ilmu yang mempelajari benda-benda langit. Bagi siswa normal, pengamatan benda langit bisa dilakukan dengan teleskop.

Mereka bisa dengan mudah mengamati benda langit seperti bulan atau planet terdekat dengan bumi.

Namun pengamatan benda langit ini menjadi hal yang sulit dilakukan bagi siswa disabilitas terutama siswa penyandang tunanetra.

Untuk memfasilitasi agar siswa tunanetra tetap bisa belajar tentang astronomi, tim dosen Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan (SAP) Institut Teknologi Sumatera (Itera) Lampung membuat media pembelajaran khusus.

Media pembelajaran bagi siswa tunanetra

Media pembelajaran yang dibuat oleh tim dosen Itera antara lain:

1. Miniatur berbentuk jenis-jenis obyek tata surya

2. Jenis awan

3. Tornado yang dicetak dengan menggunakan printer tiga dimensi dengan bahan dasar poli laktida (PLA) atau sejenis bahan plastik.

Selain membuat alat peraga pembelajaran, tim dosen Itera yang diketuai Achmad Zainur Rozzykin juga membuat modul khusus pembelajaran astronomi.

"Modul ini dicetak dengan menggunakan huruf braile, yang memudahkan siswa tunanetra membaca," ujar Achmad seperti dikutip dari laman Itera, Minggu (28/11/2021).

Achmad Zainur Rozzykin menerangkan, kegiatan pembuatan media pembelajaran dan modul astronomi khusus bagi siswa tunanetra tersebut merupakan upaya meningkatkan kompetensi dan pemahaman siswa tunanetra terhadap pelajaran sains.

Kegiatan tersebut juga merupakan bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dosen dan mahasiswa Prodi SAP Itera Lampung.

"Kegiatan pembuatan media pembelajaran dan modul astronomi khusus bagi siswa tunanetra tersebut merupakan upaya meningkatkan kompetensi dan pemahaman siswa tunanetra terhadap pelajaran sains," ungkap Achmad Zainur Rozzykin.

Sebagai target dari luaran program PKM tersebut, tim dosen dan mahasiswa Itera menyumbangkan media pembelajaran tersebut kepada SLB-A Bina Insani, Bandar Lampung.

Siswa tunanetra antusias belajar astronomi

Di sekolah tersebut, para siswa tunanetra didampingi para guru secara langsung memanfaatkan media belajar tersebut. Kepala SLB-A Bina Insani, Ance Setia Handayani, menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh tim dosen Itera Lampung tersebut.

Didampingi salah satu guru sains, Riska Tri Rahayu, Ance secara langsung melihat antusias siswa untuk belajar dengan menggunakan media pembelajaran karya dosen dan mahasiswa Itera.

Salah satu dosen Itera yang terlibat, Lesi Mareta secara langsung mengajarkan siswa mengatakan para siswa tunanetra sangat antusias dengan pelajaran tersebut. Dengan bantuan alat peraga ini didapatkan bahwa pemahaman siswa meningkat. Hal ini dikukur dari nilai mayoritas siswa yang meningkat.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/11/28/173032671/dosen-itera-ciptakan-media-pembelajaran-astronomi-bagi-siswa-tunanetra

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke