Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa UNY Inovasi Yogurt untuk Kaum Milenial

Kompas.com - 01/11/2021, 16:59 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Sejak pandemi Covid-19, masyarakat mulai peduli pada kesehatannya. Selain berolahraga, penting sekali mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Sebagai upaya pencegahan, seseorang juga perlu meningkatkan imun tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi minuman herbal atau jamu tradisional.

Terkait jamu, jamu dapat menjadi salah satu pilihan untuk memperkuat sistem imun tubuh seseorang. Jamu adalah minuman khas Indonesia yang mudah didapat, diproses, serta berkhasiat bagi tubuh.

Baca juga: Mahasiswa UNY Inovasi Nano Spray untuk Cegah Radiasi Gawai

Masih sedikit kalangan mahasiswa atau kawula muda lainnya yang meminati jamu. Anak muda masa kini lebih memilih minuman kemasan karena lebih praktis dan kemasannya lebih menarik.

Minum jamu bagi kalangan muda terkesan kuno sehingga sebagian besar peminum jamu hanya orang tua saja. Supaya budaya minum jamu tetap terjaga, maka diharapkan kebiasaan tersebut dimulai sejak dini.

Dari permasalahan tersebut, para mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang terdiri dari Baso Samsu Rijal, Syarifa Nurmawaa, Endah Rianingsih, Riza Alfiyatun, Yuliari Suprihatin membuat inovasi Sari Oyot Yoghurt.

Sari oyot yogurt merupakan inovasi pengembangan produk jamu yang dikombinasikan dengan susu yang berbentuk minuman yogurt bagi kaum milenial.

Menurut Baso Samsu Rijal, timnya berusaha mengangkat jamu sehingga menjadi produktivitas ekonomi yang diminati segala usia, dengan membuatnya menjadi yogurt yang praktis dan enak tanpa mengurangi manfaatnya.

Selain itu juga ekonomis karena bahan bakunya bisa ditemukan dengan mudah dan harganya terjangkau.

Khasiat yogurt

Menurut penelitian ahli, yogurt memiliki khasiat bagi kesehatan seperti:

1. menyehatkan saluran pencernaan

2. antidiare

3. antikanker dan lain-lain

"Sari Oyot Yoghurt terbuat dari rempah-rempah yang dibuat jamu yaitu kunyit, asam, jahe yang dibuat menjadi yogurt dengan campuran yoghurt plan," ujarnya seperti dikutip dari laman UNY, Senin (1/11/2021).

Adapun nama oyot sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti akar. Karena mereka mengembangkan yogurt yang terbuat dari rempah rempah yang biasanya digunakan untuk pembuatan jamu.

"Dan itu rempah umumnya diambil dari akarnya, sehingga produk tersebut kami beri nama Sari Oyot Yoghurt. Yogurt yang disukai oleh kalangan milenial sehingga memiliki potensi besar untuk dikembangkan," lanjutnya.

Baca juga: Ikut Kontes Robot Indonesia, Mobo Evo UNY Juara Pertama

Ternyata, produk inovasi ini telah membawa timnya memperoleh prestasi yaitu memperoleh Gold Award pada ajang "Indonesia Education International Innovative Competition 2021", baru-baru ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com