Keren! Mobil Hemat Energi UNY Tembus 498,75 km/liter, Pecahkan Rekor Asia Pasifik

Kompas.com - 21/11/2021, 14:21 WIB
Team GARUDA UNY ECO TEAM, #503, from Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, competing under the UrbanConcept - Gasoline category on the track during the Drivers' World Championship on the final day of Shell Make The Future Singapore at the Changi Exhibition Centre, Sunday, March 11, 2018 in Singapore. (Edwin Koo/AP Images for Shell) Edwin KooTeam GARUDA UNY ECO TEAM, #503, from Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, competing under the UrbanConcept - Gasoline category on the track during the Drivers' World Championship on the final day of Shell Make The Future Singapore at the Changi Exhibition Centre, Sunday, March 11, 2018 in Singapore. (Edwin Koo/AP Images for Shell)
|

KOMPAS.com - Prestasi membanggakan kembali diraih Garuda UNY Eco Team. Pasalnya, mobil hemat energi buatan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mampu memecahkan rekor Asia Pasifik.

Tim UNY ini akhirnya menjadi juara 1 kategori Urban Gasoline Engine pada Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021 gelaran Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek bekerja sama dengan Universitas Negeri Surabaya sebagai tuan rumah, 16-19 November 2021.

Selain juara 1 di kategori itu, tim UNY juga sekaligus memecahkan rekor Asia Pasifik Shell Eco Marathon 392 km/liter dan rekor nasional KMHE 2017 oleh tim Sapuangin 404 km/liter.

Baca juga: Tim Mataram Proto IST Akprind Ikut Kontes Mobil Hemat Energi 2021

Adapun rekor baru yang berhasil ditorehkan Garuda UNY Eco Team ialah sejauh 498,75 km/liter. Tim Garuda UNY berlaga dalam kelas Mesin Pembakaran Dalam Gasoline.

Tim UNY bersaing dengan tim dari Universitas Lambung Mangkurat dan Universitas Diponegoro. Perlombaan berlangsung di Sirkuit Gelora Bung Tomo Surabaya.

Berprestasi meski pandemi

Menurut Ketua Tim Kesit Bayu Purnomo dengan keterbatasan yang ada akibat pandemi Covid-19, tim diharuskan menyelesaikan laporan desain kendaraan dalam waktu 1 bulan.

"Berdasarkan hasil evaluasi dari lomba desain Shell Eco Marathon 2021, tim mampu membuat laporan desain kendaraan yang mampu merepresentasikan riset dan pengembangan kendaraan yang dilakukan oleh masing-masing divisi Garuda UNY Team dan mampu menyelesaikan laporan dalam batas waktu yang diberikan oleh panitia," ujarnya dikutip dari laman UNY.

Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Otomotif tersebut memaparkan, bulan Agustus tim Garuda UNY dinyatakan lolos tahap laporan desain untuk selanjutnya mengikuti seleksi video virtual technical inspection.

Baca juga: Di Kuliah Umum UNY, GKR Hayu: Seperti Ini Prinsip Orang Jawa

Tim diminta untuk menyelesaikan dan mengumpulkan video virtual technical inspection ke panitia pada bulan September. Hasil seleksi virtual inspection sekaligus pengumuman tim yang lolos sebagai finalis lomba KMHE 2021 bersama dengan 24 tim dari seluruh Indonesia.

Sementara salah satu anggota tim, Aisyatunissai Tawakkal mengatakan setelah mendapatkan undangan lomba, tim kembali menggencarkan latihan driver dan pematangan strategi perlombaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.