Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud Ristek: Jangan Khawatir Menganggur Jika Mau Berwirausaha

Kompas.com - 18/11/2021, 06:26 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mengaku, lulusan perguruan tinggi tidak perlu khawatir saat menganggur atau tidak punya pekerjaan, asalkan bisa berwirausaha.

Demikian disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Dirjen Dikti Ristek) Kemendikbud Ristek, Prof. Nizam saat membuka Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XII 2021, melansir laman UB, Rabu (17/11/2021).

Baca juga: Kemendikbud Ristek Salurkan Kuota Gratis ke 21,29 Juta Penerima

"Mahasiswa dengan berwirausaha bisa menjadi insan kreatif tanpa harus kehilangan gelar sarjananya," ungkap dia.

Menurut dia, kreativitas sangat perlu diberikan perguruan tinggi kepada mahasiswanya, baik di tingkat internasional maupun nasional.

"Sehingga mahasiswa bisa menyiapkan diri menjadi insan insan kreatif, tanpa harus kehilangan gelar sarjananya," ujar Nizam.

Nizam berharap, melalui KMI Expo ini, mahasiswa bisa menjadi ajang untuk memperkuat semangat berwirausaha, seperti di bidang startup.

Senada dengan Nizam, Rektor UB, Prof. Nuhfil Hanani menambahkan, wirausaha menjadi solusi bagi mahasiswa menciptakan pekerjaan sendiri.

Baca juga: Nadiem Minta Perguruan Tinggi Terbuka Bila Terjadi Kekerasan Seksual

Di UB sendiri ada Badan Inovasi dan Inkubator Mahasiswa (BIIW) yang mendampingi wirausaha mahasiswa hingga ke proses pemasarannya.

Untuk mendukung wirausaha tersebut, dia juga membuka peluang besar untuk bekerja sama dengan universitas lain, baik bidang wirausaha atau lainnya.

"Tidak ada sesuatu yang hebat dan tidak ada sesuatu yang rendah. Standar internasional yang hebat adalah universitas yang banyak menjalin kerja sama dengan kampus lain," jelas dia.

Saat UB bisa menjalin kerja sama dengan kampus apapun, maka akan memperoleh banyak ilmu.

"Kalau kita berbagi ilmu bisa mendapatkan ratusan atau ribuan ilmu yang didapatkan," tegas dia.

Dia berharap melalui kerja sama yang dijalankan nantinya, maka akan timbul inovasi-inovasi baru yang diciptakan mahasiswa.

Baca juga: Mendikbud Ristek: 3 Sanksi bagi Pelaku Kekerasan Seksual di Kampus

"Dengan begitu bisa langsung dikomersialkan," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com