Kompas.com - 01/11/2021, 14:08 WIB
Ilustrasi jurnalisme Getty Images/iStockphotoIlustrasi jurnalisme
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Seiring perkembangan zaman, bermunculan profesi-profesi baru yang sebelumnya mungkin belum ada.

Ada pula profesi yang mengalami perubahan signifikan karena adanya perkembangan zaman. Salah satunya profesi jurnalis. Zaman dulu, jurnalis hanya sebatas untuk media cetak dan elektronik.

Namun saat ini, media online berkembang sangat banyak. Menjadi seorang jurnalis tidak melulu harus memiliki latar belakang jurusan Komunikasi atau Jurnalistik saja.

Bagi mahasiswa atau fresh graduate pembelajar bahasa Jerman juga punya kesempatan bekerja di bidang jurnalistik. Bekerja menjadi jurnalis abad ini juga memiliki banyak tantangan.

Baca juga: Dosen Unej Masuk 58 Ilmuwan Indonesia Paling Berpengaruh di Dunia

Talkshow Unesa hadirkan jurnalis asal Jerman

Program Studi Sastra Jerman Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mengadakan talkshow dengan tema "How to Succeed as Journalist in Germany and Freiburg at Glance?".

Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama dengan Program Studi Bahasa Jerman STBA Yapari ABA Bandung dan Komunitas Traveler Kompasiana (Koteka).

Dalam talkshow ini dihadiri jurnalis asal Jerman Alena Erhlich. Alena merupakan seorang jurnalis perempuan yang bekerja di Badische Zeitung, salah satu media berita di Jerman.

Alena membagikan pengalaman menariknya selama menjadi seorang jurnalis. Menurutnya, menjadi seorang jurnalis tidak harus dari jurusan jurnalistik saja. Tetapi juga bisa dari berbagai program studi seperti Sejarah, Ekonomi, Hukum, dan tentunya bahasa Jerman.

Baca juga: Rasakan Kuliah di UC Davis, Ini Tips Ikuti IISMA dari Mahasiswa Unsoed

Jurnalis dituntut kritis dan kreatif

Alena mengaku, memulai karier di bidang jurnalistik sejak usia 17 tahun. Setelah menjadi seorang jurnalis atau wartawan merupakan pekerjaan yang penuh dengan ide.

"Seorang jurnalis dituntut untuk selalu kritis dan kreatif dalam menulis suatu topik berita. Inilah yang membuatnya sangat menyukai pekerjaan ini," kata Alena seperti dikutip dari laman Unesa, Senin (1/11/2021).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.