Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Gempita PON XX", UT Berikan Beasiswa Pendidikan untuk Atlet dan Mahasiswa Berprestasi

Kompas.com - 01/11/2021, 12:14 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Terbuka (UT) memberikan 100 beasiswa pendidikan bagi atlet berprestasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Selain itu, UT juga memberikan apresiasi bagi mahasiswanya yang menorehkan prestasi di ajang tersebut.

Penyerahan secara simbolis 100 beasiswa pendidikan dilakukan dalam acara “Gempita UT di PON XX Papua” yang berlangsung secara daring pada 1 November 2021.

Rektor UT, Prof. Ojat Darojat secara khusus menyerahkan beasiswa pendidikan kepada Ketua Umum KONI Pusat, Marciaonio Norman untuk kemudian dapat disalurkan kepada atlet berprestasi PON XX yang tertarik melanjutkan studi di UT.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan pula apresiasi dalam bentuk beasiswa kepada 13 mahasiswa UT yang meraih prestasi di ajang PON XX Papua 2021. Di ajang ini mahasiswa UT meraih 10 medali emas, 1 medali perak dan 8 medali perunggu.

Ketua Umum KONI, Marciano Norman, dalam sambutannya menyampaikan PON XX Papua 2021 memiliki arti khusus dan istimewa karena digelar saat pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia.

"Bangsa kita adalah bangsa yang sangat ulet dalam menghadapi situasi ini. (PON XX Papua) ini menunjukkan kebangkitan bangsa dari masa Covid-19. Tidak banyak negara mampu melaksanakan kegiatan besar ini di masa pandemi," tegas Ketua Umum KONI.

"Bicara olah raga kita bicara Merah Putih. Harkat martabat provinsi dan bangsa. Dan ternyata mahasiswa UT telah menunjukkan prestasinya. Mahasiswa UT juga berperan hadir di Papua dan kembali membawa prestasi," tambahnya bangga.

Bekal pendidikan tinggi bagi atlet berprestasi

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum KONI juga menyampaikan, KONI pusat dan daerah selalu memikirkan kesejahteraan pelaku olah raga. "Kita tidak ingin atlet yang sudah tidak berlaga menjadi orang-orang yang terlupakan," ungkap Marciano.

Baca juga: 5 Cara Mudah Gapai Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

"Salah satu cara adalah dengan bekal pendidikan. Saya memberikan apresiasi kepada Rektor UT dan jajarannya yang telah memberikan atensi besar terhadap atlet-atlet ini," lanjutnya.

Pentingnya bekal pendidikan bagi atlet juga menjadi perhatian khusus UT, seperti yang disampaikan Rektor UT Prof. Ojat Darojat dalam sambutannya.

"Atlet adalah modal bangsa yang sangat berharga. Mahasiswa ini akan mendapat harapan besar dengan menempuh pendidikan. Oleh karena itu, kami mendukung mahasiswa menyelesaikan studi, dengan membebaskan biaya pendidikan di UT," ungkap Prof. Ojat.

Prof. Ojat menjelaskan, 100 beasiswa pendidikan bagi atlet PON XX Papua yang ingin melanjutkan pendidikan di UT merupakan salah satu bentuk komitmen UT dalam memberikan akses pendidikan tinggi yang tidak dibatasi waktu, geografis dan biaya kepada siapapun, termasuk kepada atlet.

"Sebagai satu-satunya PTN yang menerapkan PJJ, UT mengemban tugas layanan bagi siapa saja, tanpa terhalang lokasi, usia maupun tahun kelulusan SMA, termasuk mereka yang bekerja dan memiliki kesibukan seperti atlet," tambah Rektor UT.

"Kami juga mengembangkan minat mahasiswa dalam olah raga dan seni dalam Disporseni UT yang tidak hanya diikuti mahasiswa UT tetapi juga oleh mahasiswa perguruan tinggi lainnya. 
Selamat kepada mahasiswa yang telah berprestasi membanggakan di ajang PON Papua," ungkap Prof. Ojat.

Mahasiswa UT berprestasi di ajang PON XX

Tercatat 13 mahasiswa Universitas Terbuka (UT) yang berprestasi dalam PON XX Papua 2021 dengan total peraihan medali sebanyak 10 medali emas dan 7 medali perunggu.

Baca juga: 27.997 Orang Telah Terima Beasiswa LPDP

Mereka adalah:

  • Ni Luh Gede Hasita Prema Dewi (Ilmu Hukum S1 UT Denpasar) Medali Emas Kategori Freestyle Putri Kabaddi (Eksibsi) dan Medali Perunggu Kategori Super 5 Putri Cabang Olahraga Kabaddi (Eksibsi)
  • Riska Meidita (S1 Akuntansi UT Denpasar) Medali Perunggu Shorinji Kempo (Embu Berpasangan Yudansha I DAN Putri)
  • Alfi Syifa Nila Muna (S1 PGSD UT Semarang) Medali Emas Ring Sport Low Kick Putra 51Kg
  • Muhamad Rifqi Tofani (S1 PGSD UT Semarang) Pelatih Alfi Syifa Nila Muna
  • Febriana Dwipuji Kusuma (S1 Sistem Informasi UT Jember) Medali Emas Ganda Putri Bulutangkis, dan Medali Emas Beregu Putri
  • Yuningsih Christiana Masoara (S1 Ilmu Hukum UT Palu) Medali Perunggu Cabang Karate
  • Desandri (S1 Manajemen UT Bogor) Medali Emas Cabang Olahraga Kriket Super Eight Men dan Medali Perunggu Cabang Olahraga Kriket Sixes Men
  • Ni Made Putri Suwandewi (S1 Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemahan UT Jakarta) Medali Perunggu Nomor Sixes, Medali Emas Nomor Super 8 dan Medali Perunggu Nomor T20
  • Alma Fauziah Ismail (S1 Ilmu Hukum UT Bandung) Medali Emas Cabang Anggar Beregu dan Medali Perunggu Cabang Anggar Sabre Perorangan
  • Komang Ayu Cahya Dewi (S1 Ilmu Hukum UT Denpasar) Medali Perak Cabang Bulutangkis Tunggal Putri Perorangan dan Medali Perunggu Beregu Putri
  • Ridwan (Magister Manajemen Bidang Minat SDM UT Mataram) Medali Emas Lari 1.500 M Putra
  • Nur Anisah (S1 PGSD UT Samarinda) Medali Emas Hoki Putri
  • Fitriyani (S1 PGSD UT Samarinda) Medali Emas Hoki Putri
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com