Kompas.com - 21/10/2021, 15:40 WIB
Ilustrasi mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) DOK. KALBIS INSTITUTEIlustrasi mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ)
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Adanya pandemi Covid-19 ini juga membawa dampak positif. Khususnya terhadap akselerasi penggunaan teknologi di tengah masyarakat.

Tak terkecuali dalam dunia pendidikan. Pasalnya saat ini, kegiatan pembelajaran tidak hanya bisa dilakukan secara tatap muka. Tapi saat ini juga bisa menggunakan model lain yakni blended learning.

Saat ini banyak perguruan tinggi yang tidak hanya mengadakan perkuliahan tatap muka tapi juga dipadukan dengan blended learning.

Merangkum dari situs Universitas Bina Nusantara (Binus), Kamis (21/6/2021), blended learning adalah metode pengajaran khusus yang memadukan kelas tradisional dan jarak jauh.

Baca juga: DIY PPKM Level 2, Epidemiolog UGM Imbau Masyarakat Tetap Waspada

Definisi blended learning

Blended learning adalah bentuk dari tren e-learning yang semakin populer di era digital, memadukan pengajaran tatap muka dengan jarak jauh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam blended learning, mahasiswa tidak hanya belajar di kelas, tetapi juga mengikuti sesi jarak jauh dengan dosen lewat internet dan komputer.

Metode blended learning cocok bagi mahasiswa dengan tanggung jawan lain. Misalnya mahasiswa S2 dari daerah lain atau yang sudah bekerja sehingga tidak bisa mengikuti jadwal teratur seperti full-time student. Selain pelajaran sesuai kurikulum, metode belajar ini juga sering digunakan untuk seminar atau pelatihan.

Keuntungan blended learning

Sistem blended learning memiliki keuntungan bagi mahasiswa maupun dosen. Inilah beberapa keuntungannya:

1. Hemat biaya dan waktu

Gabungan kelas tradisional dan jarak jauh bisa membantu mahasiswa menghemat biaya transportasi. Kamu juga bisa memanfaatkan waktu yang tersisa untuk aktivitas lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.