Untar untuk Indonesia
Akademisi

Platform akademisi Universitas Tarumanagara guna menyebarluaskan atau diseminasi hasil riset terkini kepada khalayak luas untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

6 Manfaat Menyalakan Kamera Saat Melakukan Kegiatan Daring

Kompas.com - 21/10/2021, 09:43 WIB
Seorang guru SMPN 7 Muaro Jambi sedang melakukan pembelajaran jarak jauh DOK. TANOTO FOUNDATIONSeorang guru SMPN 7 Muaro Jambi sedang melakukan pembelajaran jarak jauh

Oleh: Untung Subroto | Psikolog dan staff pengajar Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara

KOMPAS.com - Pandemi covid-19 membuat kita semua terpaksa membatasi kegiatan di luar rumah, menjaga jarak dengan orang lain, dan mengganti semua kegiatan yang biasanya dilakukan secara luring menjadi daring, seperti bekerja, sekolah atau kuliah, meeting, hingga resepsi pernikahan sekalipun.

Setelah pemerintah menggumumkan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat mulai tanggal 3 Juli hingga 20 Juli 2021, hampir sebagian besar kegiatan otomatis dilakukan melalui daring kecuali pada bidang layanan tertentu.

Hampir semua kantor yang awanya masih membagi kegiatan setengah daring dan setengah luring dalam satu minggu pada masa pandemi, saat ini telah menerapkan sepenuhnya menjadi daring.

Hal ini tentu saja dilakukan dengan tujuan yang baik yaitu untuk menekan tingginya penyebaran covid 19 di Indonesia.

Sebagai mahluk sosial yang sudah terbiasa melakukan kegiatan dengan berintraksi secara langsung dengan orang lain, melakukan kegiatan melalui daring memang sesuatu yang baru dan memerlukan pembiasaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Walaupun untuk sebagian orang kegiatan daring mulai dirasa sebagai sebuah kegiatan yang menyenangkan karena mudah dan tidak merepotkan, dapat menjangkau wilayah yang luas, murah, hemat waktu, tapi tentu saja ada yang merasa kegiatan ini terasa menjenuhkan dan melelahkan.

Sebut saja para siswa, baik sekolah dasar hingga menengah atas yang harus melakukan kegiatan belajar berjam-jam, atau para pegawai kantoran yang harus meeting seharian melalui daring.

Baca juga: Mengajak Siswa Menyalakan Kamera Saat Belajar Daring

Hal yang umum terjadi saat berbagai kegiatan dilakukan melalui daring adalah peserta daring yang tidak mau menyalakan kamera. Hal ini sering kita temui saat mengikuti acara, misalnya seminar, kelas belajar, meeting dan lain-lain.

Keengganan menyalakan kamera bisa jadi disebabkan karena perasaan bosan, merasa tidak penting dan bisa jadi karena kurangnya pengetahuan kita tentang manfaat menyalakan kemera saat kegiatan daring dilakukan.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.