Mengajak Siswa Menyalakan Kamera Saat Belajar Daring

Kompas.com - 15/07/2021, 09:21 WIB
Ilustrasi belajar dari rumah. DOK. SHUTTERSTOCKIlustrasi belajar dari rumah.

Oleh: Untung Subroto | Psikolog dan staf pengajar Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara

KOMPAS.com - Agustus mendatang pelajar dan mahasiswa akan mulai sekolah atau kuliah. Sebagian siswa akan memulai jenjang pendidikan baru, sebagian lagi melanjutkan semester berikutnya.

Sayangnya karena pandemi Covid-19 belum teratasi, maka belajar melalui daring masih akan berlangsung sampai waktu yang belum pasti.

Walaupun banyak dikeluhkan para pendidik, siswa dan orangtua, belajar melalui daring masih merupakan solusi tepat bagi kelangsungan wajah pendidikan di Indonesia di masa pandemi ini.

Banyak orangtua yang mengeluhkan kurang efektifnya belajar melalui daring, siswa belajar sambil tiduran, cenderung malas dan pengetahuan tentang mata pelajaran yang kurang optimal.

Para pendidik mengeluhkan siswa yang tidak mau menyalakan kamera saat daring berlangsung, sementara para siswa mengeluhkan banyak tugas yang diberikan oleh para pendidik dan perasaan bosan dan jenuh saat belajar melalui daring.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berbicara tentang kondisi para siswa, kegiatan sekolah melalui daring memang dapat menyebabkan siswa mengalami kelelahan dan kebosanan, karena harus menatap layar laptop atau handpone dalam jangka waktu yang cukup lama per harinya.

Baca juga: PJJ Rasa Tatap Muka, Ini 3 Strategi yang Perlu Dilakukan Sekolah

 

Kebosanan dan kejenuhan ini kemudian membuat para siswa merasa harus mematikan kamera sehingga perilakunya saat belajar dari rumah tidak dapat dilihat para pendidik.

Sebagian pendidik memang tidak mempermasalahkan tentang kamera yang dinyalakan atau tidak oleh para siswa.

Namun sebelum penulis menyampaikan beberapa cara yang dapat dilakukan oleh para pendidik, agar siswa mau menyalakan kamera saat proses sekolah/belajar daring berlangsung, guru, siswa dan orangtua harus paham terlebih dahulu dampak positif pada siswa saat menyalakan kamera.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.