Kompas.com - 23/09/2021, 19:00 WIB
ilustrasi chatting metro.co.ukilustrasi chatting

KOMPAS.com - Selama pandemi Covid-19, pastinya semua pelajar dan mahasiswa memanfaatkan percakapan jarak jauh untuk Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas.

Banyak sekali aplikasi percakapan yang menawarkan kemudahan dalam berinteraksi. Kehadiran aplikasi percakapan tak dapat dipungkiri memberi kemudahan dalam berkomunikasi secara instan dalam genggaman.

Namun, keamanan percakapan dalam aplikasi yang digunakan harus diperhatikan sebagai bagian dari literasi digital.

Demi menjaga keamanan dan privasi pada aplikasi percakapan, beberapa fitur pada aplikasi percakapan yang tersedia dapat coba diaktifkan. Fitur-fitur apa sajakah yang dapat digunakan untuk menjaga keamanan dan privasimu?

Baca juga: Beasiswa S1 Korea Selatan, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 10 Juta Per Bulan

Dilansir dari laman Direktorat Jenderal SMP Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), simak daftar di berikut:

6 Cara Mengamankan Chat Pribadi

1. Sistem enkripsi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sistem ini membuat pesan dan pembicaraan di aplikasi tidak ada yang dapat membaca dan mendengarkan pesan dan pembicaraanmu termasuk aplikasi itu sendiri.

2. Verifikasi 2 langkah

Fitur ini memberikan pilihan untuk membuat akun lebih aman di aplikasi chatting dan membuat privasi dua kali lipat tidak mudah dibobol.

Bila fitur ini diaktifkan, kamu dapat membuat pin unik untuk masuk ke dalam akun. Jadi, bila seseorang tidak dikenal berusaha masuk ke dalam akun Sobat SMP, dia membutuhkan pin untuk bisa masuk.

Baca juga: 7 Cara agar Anak Terhindar Dampak Buruk Teknologi

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.