Kompas.com - 23/08/2021, 12:09 WIB
Mahasiswa IPB University Kenalkan Metode Pembelajaran Efektif Selama Pandemi Dok. IPB UniversityMahasiswa IPB University Kenalkan Metode Pembelajaran Efektif Selama Pandemi

KOMPAS.com - Terus mencari metode pembelajaran terbaik di tengah pandemi, menjadi upaya yang terus dilakukan sekolah, guru hingga orangtua. Ada banyak metode yang bisa digunakan selama pembelajaran jarak jauh (PJJ), seperti metode yang diusung oleh tim mahasiswa IPB University.

Program yang diusung oleh tim mahasiswa ialah "play to learn with observation method" sebagai pembelajaran efektif saat pandemi Covid-19 pada siswa sekolah dasar (SD).

Melalui program tersebut, siswa diajak belajar di alam terbuka seperti di pinggir sungai, di bawah pepohonan, saung, dan lapangan terbuka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

Siswa juga dibagi ke dalam kelompok kecil, terdiri dari empat sampai lima orang per kelompok.

Baca juga: Lewat Komik, Cara Guru Evi Ajarkan Matematika Lebih Seru Selama PJJ

Salah satu mahasiswa penggagas program, Imam Mujaddid menjelaskan program ini telah dilakukan, bertujuan membantu proses belajar mengajar (PBM) yang dilakukan oleh Sekolah Dasar (SD) Bustanul Ulum di Desa Batu Busuak, Kecamatan Pauh, Kota Padang.

“Sekolah ini merupakan sekolah gratis bagi warga sekitar yang dibiayai oleh program CSR Semen Padang. Pada tahun 2017, sekolah ini menjadi satu-satunya peraih penghargaan SD Adiwiyata Mandiri Nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI,” ujar Mujaddid seperti dirangkum dari laman IPB University, Senin (23/8/2021).

Namun demikian, Mujaddid menjelaskan, di tengah pandemi saat ini, sistem PBM di SD Bustanul Ulum tidak dapat berjalan dengan optimal.

Pembelajaran daring membuat kewalahan seluruh lapisan stakeholders dari sekolah, baik dari siswa, guru maupun wali murid sendiri.

Siswa mengalami kejenuhan karena sistem pembelajaran yang monoton, guru yang kesulitan dalam membuat media pembelajaran daring, dan orang tua yang kesulitan dalam mendampingi anak-anaknya karena harus bekerja.

Baca juga: Wings Group Buka 12 Lowongan Kerja untuk Lulusan D3-S1

“Kami mencoba mencari alternatif yang dapat memfasilitasi kebutuhan para siswa tetapi tetap menaati regulasi dari pemerintah. Solusi tersebut adalah dengan belajar langsung di alam terbuka dengan protokol kesehatan ketat (Play to Learn with Observation Method),” ujar Mujaddid.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.