[POPULER EDUKASI] 9 Jurusan Kuliah Langka di Indonesia | Cangkang Telur Jadi Pupuk | 5 Profesi Banyak Dibutuhkan tapi Minim Pelamar

Kompas.com - 23/08/2021, 11:43 WIB

KOMPAS.com - Tiga artikel terkait jurusan kuliah langka, profesi yang paling dibutuhkan namun minim pelamar, hingga inovasi cangkang telur menjadi pupuk, menjadi yang paling banyak dibaca di kanal edukasi periode Jumat-Minggu (21-22/8/2021).

Untuk mengetahui informasi lengkap, berikut rangkuman dari ketiga artikel paling baca dibaca akhir pekan lalu.

1. Langka, 9 Jurusan Kuliah Ini Hanya Ada Satu di Indonesia

Dari banyaknya jurusan kuliah, nyatanya ada sejumlah jurusan masih langka di Indonesia, hanya ditemui di satu atau dua universitas saja.

Meski masih langka, namun prospek kerja jurusan ini terbuka lebar, karena selain belum banyak memiliki lulusan, sejumlah jurusan juga dibuat sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja pada beberapa tahun mendatang.

Sejumlah jurusan yang masih langka di Indonesia dapat dibaca melalui laman ini.

Baca juga: Belajar Bahasa Korea Gratis dari Korea Foundation, Tunjangan Rp 12,6 Juta

2. Cangkang Telur Bisa Jadi Pupuk Tanaman, Mahasiswa Unpad Jelaskan Caranya

Peragaan penggunaan limbah cangkang telur sebagai pupuk dan biopestisida oleh tim KKN-PPM Virtual Integratif Universitas Padjadjaran tahun 2021.Dok. Unpad Peragaan penggunaan limbah cangkang telur sebagai pupuk dan biopestisida oleh tim KKN-PPM Virtual Integratif Universitas Padjadjaran tahun 2021.

Berdasarkan hasil observasi, angka konsumsi telur di Indonesia tiap tahunnya meningkat. Hal ini berimbas pada meningkatnya limbah by product berupa cangkang telur.

Limbah tersebut biasanya hanya akan dibuang begitu saja oleh industri UMKM, restoran, atau bahkan di skala rumah tangga. Padahal, cangkang telur memiliki kandungan kalsium yang tinggi, cangkang telur dapat diolah menjadi pupuk dan biopestisida.

Hal tersebut dipaparkan dalam diskusi kelompok terpumpun tentang pemanfaatan limbah cangkang telur sebagai pupuk dan biopestisida oleh tim KKN-PPM Virtual Integratif Universitas Padjadjaran tahun 2021 dengan dosen pembimbing Atiek Rostika Noviyanti.

Ingin tahu bagaimana penggunaan cangkang telur sebagai pupuk, baca info lengkapnya melalui artikel ini.

Baca juga: Wings Group Buka 12 Lowongan Kerja untuk Lulusan D3-S1

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.