Kompas.com - 23/08/2021, 11:45 WIB
Ilustrasi mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi mahasiswa
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Psikolog Universitas Brawijaya (UB), Ari Pratiwi mengaku, kuliah online atau daring menimbulkan empat permasalahan yang dihadapi mahasiswa, yaitu akademik, pribadi, keluarga, dan sosial.

"Memang permasalan tersendiri bagi mahasiswa itu mulai dari kecemasan hingga stress," ucap Ari melansir laman UB, Senin (23/8/2021).

Baca juga: 3 Mahasiswa UB Buat Hand Sanitizer Tanpa Alkohol

Dia menyebut, faktor akademik seperti mahasiswa mengalami kesulitan atau kurang jelas dalam memahami materi yang diberikan dosen.

Kemudian, media belajar hanya power point, suara teks koneksi internet bermasalah, sinyal internet untuk daerah tertentu bermasalah, sehingga kesulitan mencari informasi tugas dan mengikuti, serta banyaknya tugas tidak sebanding dengan minimnya penjelasan dosen.

Faktor yang mempengaruhi masalah pribadi, dia mencontohkan pola pikir negatif dan over thinking, merasa cemas, stres, tertekan, kesepian karena masalah akademik, kondisi Covid-19, keluarga dan lainnya.

Faktor keluarga, sebut dia, pada umumnya berkaitan dengan kondisi keluarga mahasiswa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia mencontohkan, seperti terlibat konflik permasalahan dengan keluarga yang tidak diinginkan dan lingkungan keluarga yang tidak support.

"Ada juga masalah ekonomi atau keuangan karena beberapa orangtua tidak bekerja atau penghasilan menurun karena pandemi Covid-19, serta adanya pola asuh otoriter, keras, dan tradisional sehingga membuat tertekan," jelas dia.

Baca juga: 3 Mahasiswa UB Buat Obat Luka Diabetes dari Bahan Telur Keong Mas

Sedangkan faktor sosial, seperti tidak dapat berinteraksi dengan orang lain.

Sehingga mahasiswa merasa kesepian, terisolasi dan tertekan, mengalami perasaan bosan di rumah terus, serta kurangnya komunikasi dengan orang lain.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.