Kompas.com - 12/08/2021, 09:19 WIB
Ilustrasi burnout kerja. UNSPLASH/TIM GOUWIlustrasi burnout kerja.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Saat menghadapi tekanan kehidupan, seseorang bisa mengalami stres. Terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, seseorang jadi lebih rentan terkena stres.

Menghadapi semua keterbatasan ;m ini, seseorang rentan mengalami burnout. Jika tidak dicegah, burnout dapat mengganggu kualitas hidup hingga menurunkan produktivitas bekerja.

Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran Iceu Amira menerangkan, jika merasakan kelelahan secara fisik saja bisa diselesaikan dengan cara istirahat cukup.

Namun berbeda jika seseorang merasakan kelelahan emosional, istirahat saja belum tentu selesai. Maka harus ada intervensinya.

Baca juga: Hasil Riset UGM-UNS: Pemberian Antibiotik Tanpa Resep Perlu Diawasi

Iceu menerangkan, burnout adalah sindrom psikologis yang disebabkan adanya rasa kelelahan yang luar biasa, baik secara fisik, mental, maupun emosional. Dampaknya, seseorang dapat kehilangan minat dan motivasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara mencegah burnout

Menurut dia, burnout dapat mengurangi produktivitas dan menguras energi sehingga membuat seseorang merasa tidak berdaya, putus asa, lemah, dan cepat marah.

"Jika mengalami dalam waktu yang lama, akan berdampak pada kehidupan sosial terutama pekerjaannya," kata Iceu seperti dikutip dari laman Unpad, Rabu (11/8/2021).

Iceu menerangkan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah burnout, yakni dengan melakukan beberapa cara berikut ini.

1. Menjaga keseimbangan hidup. Butuh pengelolaan waktu yang baik kapan harus bekerja dan mengerjakan hal lainnya.

Baca juga: Nadiem Semangati 6.424 Maba ITS agar Berkontribusi untuk Negeri

2. Mengelola stres

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.