Kompas.com - 11/08/2021, 11:54 WIB
Ilustrasi matematika Ilustrasi matematika

KOMPAS.com - Dari karier hingga aktivitas sehari-hari, nyatanya kehidupan tak terlepas dari matematika. Sebab, matematika enggak hanya untuk hitung-hitungan sederhana.

Belum lama ini, World Economic Forum (WEF) merilis 10 profesi yang paling bersinar di tahun 2025 menurut Future of Jobs Survei 2020 oleh World Economic Forum. Sebagian dari pekerjaan tersebut membutuhkan lulusan dari jurusan matematika, teknik informatika, serta statistik, yaitu:

1. Data analyst and data scientist
2. Artificial intelligence (AI) and machine learning specialist
3. Big Data Specialist
4. Digital marketing and strategy specialist
5. Process automation specialist
6. Business development professionals
7. Digital transformation specialist
8. Information security analyst
9. Software and application developer
10. Internet of things specialist

Baca juga: Lulusan dari 10 Jurusan Kuliah Ini Paling Dibutuhkan Dunia Kerja

Menguasai matematika, artinya kamu berkesempatan untuk menggeluti profesi paling bersinar 5 tahun ke depan. Mengapa demikian?

Sejumlah tutor platform edukasi Zenius berbagi cerita tentang pengaplikasian matematika dalam kehidupan sehari-hari, termasuk untuk bidang karier tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ramon yang merupakan Tutor Matematika Zenius Ultima Plus dan Ultima mengatakan, matematika sangat terpakai dalam pengoperasian internet.

"Contohnya, cara Google dalam menentukan hubungan dan popularitas dari berjuta-juta situs yang dia index itu pakai aljabar linier alias matriks dan teori graf," paparnya seperti dilansir dari laman Zenius.

Lalu, Tutur Matematika Wajib Zenius Optima, Sandi juga mengatakan bahwa statistika, kalkulus dan logika merupakan tiga elemen klasik matematika yang bersatu padu untuk menciptakan neural network dan machine learning yang dipakai untuk membuat artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Baca juga: Ingin Anak Gemar Matematika? Kenalkan Konsep, Tak Sekadar Rumus

"AI sendiri lagi booming-booming-nya dan dipakai antara lain untuk self-driving cars, bikin deepfakes, gedein resolusi gambar, prediksi harga dan lainnya," papar Sandi.

Jadi, lanjut dia, jangan kaget bila 10-20 tahun lagi akan semakin banyak teknologi yang menggunakan AI.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.