Kompas.com - 11/08/2021, 09:30 WIB
Ilustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi ShutterstockIlustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi

KOMPAS.com - Kabar baik bagi mahasiswa beragama hindu di seluruh Indonesia. Kini, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) Hindu Kementerian Agama (Kemenag) mengalokasikan anggaran senilai Rp 35,3 miliar rupiah untuk program beasiswa bagi mahasiswa Hindu pada 2021.

Beasiswa ini dialokasikan bagi 4.310 mahasiswa Hindu dari berbagai daerah yang tersebar di 15 Perguruan Tinggi Umum (PTU) dan Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu (PTKH). Kemenag, menyasar semua mahasiswa hindu baik negeri maupun swasta, pada sembilan provinsi di Indonesia. Sehingga,  diharapkan beasiswa ini bisa merata bagi para mahasiswa.

“Program beasiswa ini kita tujukan untuk mewadahi potensi-potensi generasi muda Hindu dari berbagai pelosok di Indonesia agar bisa turut membawa kemajuan bagi umat dan bangsa” ungkap Dirjen Bimas Hindu Tri Handoko Seto, dilansir dari laman Kemenag.

Tri Handoko menyebutkan, anggaran beasiswa mahasiswa Hindu di 2021 ini mengalami peningkatan sebesar 14,8 miliar rupiah jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca juga: Mahasiswa Bisa Dapat Bantuan UKT Rp 2,4 Juta Kemendikbud Ristek, Ini Syaratnya

Pada 2020, menurut Handoko, Ditjen Bimas Hindu menganggarkan beasiswa senilai 20,4 miliar rupiah yang diperuntukkan bagi 3.089 mahasiswa dari 13 perguruan tinggi.

“Penambahan anggaran sebesar 14,8 miliar ini sebagai bentuk keseriusan Ditjen Bimas Hindu dalam upaya meningkatkan kualitas SDM bangsa, terlebih di tengah situasi pandemi banyak orang tua yang sulit membiayai anak-anaknya untuk mendapatkan pendidikan,”sambungnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menyampaikan, terdapat enam jenis beasiswa yang bisa diperoleh oleh mahasiswa Hindu di tahun 2021. Berikut rinciannya:

1. Bantuan beasiswa prestasi akademik pada Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu Swasta ada 10 penerima.

2. Bantuan beasiswa bidikmisi lanjutan pada Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu Swasta ada 883 penerima.

3. Bantuan beasiswa Strata Dua (S-2) bagi mahasiswa lulusan program Strata Satu (S-1) dengan kategori cumlaude pada Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu ada 403 penerima 

Baca juga: Pelatihan Bahasa Korea Gratis Korea Foundation 2022, Tunjangan Rp 12,6 Juta Per Bulan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.